PKB Tuntut Janji Zola Tingkatkan Harga Karet Petani

Minggu, 20 Agustus 2017 - 11:54:09


/
RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI- Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD Provinsi Jambi, Sofyan Ali menuntut agar Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli segera merealisisikan janji politik yang disampaikannya pada saat kampanye terdahulu.  
 
Salah satunya, terkait keseriusan Zola dalam upaya mendongkrak harga karet petani yang saat ini yang terus melemah. 
 
Menurut Sofyan, jika tidak ada langkah konkret yang dilakukan Zumi Zola sebagai Gubernur,  maka perekonomian masyarakat  akan semakin sulit, dan tentu saja akan berakibat pada melemahnya kepercayaan masyarakat terhadap kepemimpinan Zumi Zola. 
 
"Karena itu Fraksi PKB menuntut agar masalah ini menjadi perhatian serius bagi Gubernur, karena ini menjadi salah satu janji politik yang selalu disampaikan pada saat kampanye terdahulu, " ujarnya.
 
Sofyan merinci, saat ini harga karet ditingkat petani hanya berkisar Rp 5.000 per kilogram, harga itu dinilainya tidak sebanding dengan besarnya kebutuhan dan biaya hidup yang harus ditanggung petani karet.  Belum lagi untuk menutupi kebutuhan sekolah anak-anak mereka. "Idealnya harga karet sekarang itu berkisar sekitar Rp 10 ribu atau Rp 11 ribu lah, " katanya. 
 
Menurutnya, langkah awal yang bisa dilakukan Zola antara lain dengan cara mengamati dan mempelajari penyebab melemahnya harga karet, kemudian memanggil seluruh asosiasi karet untuk mendiskusikan dan mencari solusi secara bersama dalam upaya meningkatkan harga karet petani. "Hasil diskusi tersebut selanjutnya menjadi acuan dalam upaya mendongkrak harga karet petani, " jelasnya. 
 
Lebih lanjut Sofyan menyatakan Sebagai partai pengusung pertama pasangan Zumi Zola-Fachrori di Pilkada beberapa waktu lalu,  PKB merasa ini merupakan kewajiban untuk mengingatkan, dan pihaknya akan terus mengawal masalah ini hingga ada langkah-langkah konkret yang dilakukan Gubernur Zola dalam upaya mendongkrak harga karet petani.
 
Reporter: Wiranata