Pelamar Beasiswa Jambi Banyak Tidak Memenuhi Syarat

Senin, 18 Desember 2017 - 16:00:14


/

RADARJAMBI.CO.ID-  Pelamar beasiswa untuk dokter spesialis dan S3 program Pemprov Jambi, banyak tidak memenuhi syarat yang ditetapkan Dinas Pendidikan setempat sehingga dinyatakan tidak berhak mendapatkan bantuan pendidikan tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Agus Hariyanto, mengatakan akibat banyak pelamar beasiswa dokter dan S3 tidak memuhi syarat, anggaran yang semula dialokasikan untuk program beasiswa itu menjadi Silpa.
"Ada Silpa dari penyaluran beasiswa ini sebesar Rp3,4 miliar dengan rincian Rp2,2 miliar berasal dari kouta dokter spesialis dan Rp1,4 miliar dari kouta S3. Ini tidak bisa dialihkan," kata Agus.
Dijelaskannya Silpa tersebut berasal dari yang semula kuota beasiswa dokter spesialis 27 orang hanya diisi lima orang atau yang dinyatakan memenuhi syarat yang ditetapkan.
Kemudian pada jenjang S3 dari kuota 50 orang yang dinayatakan lulus memenuhi syarat hanya 21 orang.
Agus mengatakan, penyebab banyaknya pelamar beasiswa yang tidak lulus karena mereka tidak bisa melengkapi syarat yang ditentukan oleh Dinas Pendidikan.
Seperti pada jenjang dokter spesialis, ada dari mereka yang tidak bisa menunjukan surat rekomendasi dari Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).
"Biasanya kalau tidak dapat rekomendasi, berarti mahasiswa itu sudah pernah dapat bantuan beasiswa dari program lain," ujarnya.
Kemudian untuk jenjang S3 kebanyakan dari mereka telah melampaui semester yang ditentukan. Sebab itu pelamar banyak dinyatakan tidak lulus.
Sedangkan untuk beasiswa jenjang S1 dan S2 kata Agus tidak masalah dan kuota untuk dua jenjang itu terpenuhi.
Sementara itu, Dinas Pendidikan menargetkan dalam beberapa hari ke depan beasiswa prestasi Provinsi Jambi tahun 2017 segera disalurkan kepada pelamar yang lulus.
"Saat ini SKnya masih diteliti oleh Biro Hukum sebelum di tandatangani oleh gubenrur Jambi. Kita harapkan selesai 1-2 hari ke depan agar beasiswa dapat segera diberikan kepada penerima yang telah dinyatakan lulus. Nama-nama penerima akan diumumkan di website dinas Pendidikan Provinsi Jambi,"tukasnya.

 

REPORTER : ENDANG