Masjid As Sulthon Didesain jadi Pusat Wisata Religi

Senin, 19 Maret 2018 - 00:24:06


Bupati, H Cek Endra bersama H Hillalatil Badri, H Thabroni Rozali, Kapolres, Kajari dan Kadis PUPR di depan videotron di lapanagan Basamo Jumat (16/3), lalu
Bupati, H Cek Endra bersama H Hillalatil Badri, H Thabroni Rozali, Kapolres, Kajari dan Kadis PUPR di depan videotron di lapanagan Basamo Jumat (16/3), lalu /

RADARJAMBI.CO.ID,SAROLANGUN – Masjid As Sulthon peninggalan Bupati, H Hasan Basri Agus (HBA), atau kerap disebut masjid Kubah Emas, berlokasi di Kelurahan Aur Gading, Kecamatan Sarolangun, ternyata sudah didesain oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sarolangun untuk dijadikan pusat wisata religi.

Desain tersebut sudah ditampilkan oleh Kepala Dinas PUPR, Ibnu Ziady ST kepada Bupati, H Cek Endra, Wabup, H Hillalatil Badri dan Forkompimda melalui videotron di Lapangan Basamo, pasca Senam Kesegaran Jasmani (SKJ), Jumat (16/3),lalu.

Menurut Kadis PUPR, Ibnu Ziady, oleh raga sunnah juga akan dikembangkan di masjid As Sulthon, seperti olah raga panah, olah raga berkuda dan olah raga renang. Selain itu, juga dikembangkan menjadi pusat pengembangan ekonomi syariah.

“Tata ruang Sarolangun akan dimaksimalisasikan, sehingga potensi alam terbuka hijau akan berkembang menjadi kawasan yang indah, aman dan nyaman untuk masyarakat,”sebutnya.

Terpisah, Bupati Sarolangun, H Cek Endra mendukung atas desain program yang ditampilkan PUPR melalui videotron. Dikatakan H Cek Endra, ada empat titik lokasi yang bakal direvitalisasikan menjadi tempat wisata. Keempat lokasi tersebut, Lapangan Basamo akan dikembangkan menjadi kawasan terbuka hijau, kemudian masjid As Sulthon akan dikembangkan menjadi pusat wisata religi, wisata di taman Cik Minah akan dikembangkan wisata air, ini akan dibangun menara apung diatas sungai Batang Tembesi, selain itu akan dibangun Tugu di gerbang Simpang Pauh atau sebagai simbol menuju kampung madani masyarakat orang rimba yang dikenal SAD.

“Kalau Laman Basamo sudah difungsikan sebagai sarana berolah raga dan rekreasi, alhamdulillah setiap hari sudah ramai dikunjungi oleh masyarakat,”sebut H Cek Endra.

Ditambahkan H Cek Endra, agar mengtahui lokasi wisata di Sarolangun, di Lapangan Basamo akan ditempatkan videotron, sehingga masyarakat mengetahui destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sarolangun.

“Insya Allah tahun depan destinasi wisata akan dimulai dibangun, melalui APBD Sarolangun, seperti tampilan di videotron PUPR,”tandasnya.

 

PENULIS : CHARLES RANGKUTI.