Peringati Hari Pahlawan Melalui Upacara Bendera dan Ziarah ke Makam Raden Mattaher

Minggu, 11 November 2018 - 20:32:38


Berlangsungnya Upacara Bendera
Berlangsungnya Upacara Bendera /

radarjambi.co.id - KOTA JAMBI - 10 November merupakan hari Pahlawan yang diperingati setiap tahun oleh bangsa Indonesia untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang gugur dalam merebut kemerdekaan Indonesia.


Pemerintah Kota Jambi melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kota Jambi, Sabtu (10/11) melaksanakan upacara bendera. Wakil Walikota bertindak sebagai inspektur upacara di Lapangan Utama Balaikota.

Hadir dalam upacara tersebut Sekda Kota Jambi Budidaya beserta istri, unsur Forkomfinda Kota Jambi, para OPD dilingkup pemerintahan Kota Jambi, para pelajar sekota Jambi, dan para Veteran yang ada di Kota Jambi.

Wakil Walikota Jambi DR dr Maulana MKM membacakan sambutan peringatan Hari Pahlawan Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita.

"Peringatan Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November merupakan upaya mengenang perjuangan bangsa melawan penjajahan di Surabaya, 73 tahun silam," tegasnya.

Hari Pahlawan jadi motivasi agar generasi muda mewarisi semangat perjuangan para pahlawan. Ini menjadi momentum untuk introspeksi diri mengisi kemerdekaan yang telah diraih oleh para pejuang terdahulu.

"Kita harus melawan musuh bangsa, yaitu kemiskinan. Miskin harta, miskin ilmu dan miskin agama. Serta melakukan transpormasi kegigihan para pahlawan, ulet dalam melakukan semangat untuk membangun. Khususnya dalam membangun Kota Jambi," ujarnya.

Usai melaksanakan upacara Wakil Walikota Jambi bersama unsur Forkopimda menyerahkan bantuan Tali Asih kepada para Veteran sebagai bentuk kepedulian.

Peringatan hari pahlawan juga dirangkai dengan ziarah ke Makam Pahlawan Jambi, Raden Mattaher. Dalam acara ziarah dilaksanakan tabur bunga dan doa untuk para pahlawan yang telah gugur.

Selain itu, Kepala Dinas Sosial Kota Jambi sebagai Ketua panitia mengatakan bahwa Sekretariat panitia hari Pahlawan tahun 2018 di Kota Jambi telah diadakan beberapa rangkaian acara dan sebelumnya sudah juga diadakan rangkaian acara yaitu pembinaan pembimbingan patriotik bagi generasi muda dengan narasumber diundang para pahlawan-pahlawan dan pelaku-pelaku sejarah.

“Kita laksanakan upacara kemudian kita berikan para Veteran itu tali asih dari pemerintah kota,dan kita lanjutkan Ziarah di Makam Pahlawan Jambi Raden Mataher. pada saat ini terus kita gelorakan pada hari pahlawan ini kita Semarang dan mungkin tahun besok lebih kita semarakkan lagi,”ujar Kaspul.

Kaspul juga menyampaikan bahwa hikmah yang dapat diambil dari peringatan hari Pahlawan ini adalah nilai juang dari para pahlawan pendahulu kita untuk mempertahankan kemerdekaan, dirinya mengatakan untuk saat ini bukan perang fisik tapi memerangi kemiskinan,dan penyandang masalah kesejahteraan sosial.

“Adapun yang kita ambil hikmah adalah perjuangan, nilai juangan para pendahulu kita itu bagaimana mempertahankan kemerdekaan, kalau kita minta pada saat sekarang itu mempertahankan dan tetap menjaga keutuhan NKRI untuk selama-lamanya, perang sekarang ini bagaimana kita memerangi kemiskinan, penyandang masalah kesejahteraan social, nah itu yang kita lawan. kalau dulu perangnya fisik, Tapi kita tetap menghargai menghormati para pendahulu kita,”ujar Kaspul

 

 

Reporter : Musriah

Editor     : Hilman