Optimalkan KBM Dengan Kegiatan Praktik

Kamis, 22 November 2018 - 20:45:23


Kegiatan Belajar Mengajar SMK Kesehatan Fania Salsabila
Kegiatan Belajar Mengajar SMK Kesehatan Fania Salsabila /

Radarjambi.co.id - KOTA JAMBI - Beberapa mata pelajaran di kelas XI SMK Kesehatan Fania Salsabila melakukan kegiatan praktik. Kegiatan ini dilakukan sebagai persiapan siswa menghadapi Pendidikan Sistem Ganda atau PSG yang akan dilaksanakan pada November mendatang.


Guru pendamping mata pelajaran Ilmu Resep, Maimun menyebutkan, pelajar dari jurusan Farmasi saat ini melakukan kegiatan praktik di laboraturium jurusan setelah sebelumnya menerima materi pelajaran di kelas.

"Mereka melakukan praktik langsung membuat resep," ujarnya.

Dalam praktik ini, ada tiga tahapan yang harus dilakukan siswa, dimulai dengan membuat resep yang telah ditentukan guru seperti membuat resep puyer, resep padat dan semi padat seperti salep, serta serbuk jamu.

Kemudian siswa diminta menjelaskan secara baik dan benar terkait resep yang dibuat. ‘’Materi ini harus dikuasi baik secara teori maupun praktik. Karena kita ingin mengetahui sebatas mana kemampuan siswa menguasai materi," imbuhnya.

Tahapan terakhir adalah, siswa akan mengikuti wawancara atau tanya jawab mengenai seluruh rangkaian dan tahapan yang telah dilakukan.

Maimun menilai, setelah praktik dilakukan, masih ada siswa belum menguasai materi yang telah dipelajari, sehingga harus diulang kembali hingga siswa menguasai materi tersebut dan dapat melakukan praktik membuat resep.

"Ada juga siswa yang tidak menguasai materi karena jurusan tersebut tidak diminati," paparnya.

Kepala SMK Fania, Arvandi menambahkan, sebelum siswa Kelas XII mengikuti PSG, sejak sekarang menyiapkan materi secara matang, agar materi yang telah dipelajari sejak awal masuk sekolah diingat kembali.

"Siswa diminta untuk mengulang kembali semua materi pelajaran, baik teori maupun praktik," katanya.

Apalagi nantinya siswa yang mengikuti PSG disejumlah instansi atau perusahaan yag telah bekerjasama seperti RS, Apoteker, dan lain sebagainnya. "Baik jurusan Farmasi, Perawat, dan Analisis Kesehatan," pungkasnya.

 

 

Reporter : Hilman

Editor     : Ansori