Warga Minta Perbaiki Drainase dan atasi Pendangkalan Sungai

Selasa, 04 Desember 2018 - 21:03:46


Wawako Meninjau Warga yang Terkena Banjir
Wawako Meninjau Warga yang Terkena Banjir /

 

Radarjambi.co.id - KOTA JAMBI - Wakil Walikota Kota Jambi Maulana bersama kepala dinas PUPR Kota Jambi dan staf lainnya meninjau musibah banjir akibat hujan deras yang terjadi pada Senin malam, yang menimpa perumahan warga di Perumahan Kembar Lestari II, RT. 56 Kelurahan Kenali Besar, Kecamatan Alam Barajo Selasa (4/12).

Dari hasil pantauan dilapangan tampak perabot rumah tangga warga sekitar diungsikan kedepan halaman rumah mereka masing - masing akibat banjir yang melanda.

Maulana mengatakan bahwa pihak Pemerintah Kota Jambi telah menyiapkan bantuan berupa obat - obatan dan mobil ambulan untuk membantu warga yang terkena banjir.

"Jadi kami telah menyiapkan mobil ambulan beserta obat - obatan, dan ini adalah penanganan jangka pendeknya," ujar Maulana.

Maulana juga menyampaikan bahwa untuk penanganan jangka panjangnya, Pihak Pemerintah Kota Jambi akan berkoordinasi bersama PU Kota, PU Provinsi, BWSS, dan PU Muaro Jambi.

"Besok kita akan berkoordinasi dengan jajaran terkait dan berkoordinasi dengan PU Muaro Jambi karena drainase nya itu perbatasan antara Pemerintah Kota Jambi dan Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi," terangnya.

Maulana menghimbau kepada masyarakat agar jangan membuang sampah sembarangan sebab hal tersebut dapat menyumbat drainase yang akan menghalangi air mengalir.

"Warga dihimbau jangan membuang sampah sembarangan terutama sampah plastik karena hal tersebut akan mengakibatkan salah satu penyebab banjir, " ujar Maulana.

Aminah ketua RT mengatakan bahwa warga sangat mengharapkan adanya tindakan dari pemerintah sebagai upaya solusi untuk memecahkan masalah banjir yang selalu menimpa warga ketika hujan deras.

“Kami bukannya bagaimana ya, kalau soal makanan kita bisa buat dapur umum. Yang kita butuhkan itu Cuma satu pendangkalan sungai dan perbaiki lagi drainase kami sebab itu ia jalan satu-satunya, masa iya setiap tahun seperti ini. Air itu tidak naik secara perlahan melainkan datang dengan cepat langsung merendam rumah-rumah kami,”ungkap Aminah

 

 

Reporter : Musriah

Editor     : Ansori