Realisasi Uang Pertama OPD Sarolangun Dipercepat

Minggu, 13 Januari 2019 - 19:55:57


Kasiyadi
Kasiyadi /

Radarjambi.co.id - SAROLANGUN - Realisasi belanja perdana pada 2019 untuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada dijajaran Pemkab Sarolangun dipercepat. Hal ini dikatakan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sarolangun, Emaliasari melalui Sekretaris Badan (Sekban), Kasiyadi saat ditemui harian ini, belum lama ini.

Menurut Kasiyadi, diperkirakan minggu ketiga Januari 2019 sudah ada pengajuan berkas dan administrasi untuk pencairan belanja OPD. Pengajuan berkas dan administrasi akan diteliti oleh BPKAD sesuai dengan ketentuan yang prosedural.

"Percepatan proses pencairan belanja OPD akan disesuaikan dengan kebutuhan OPD, anggaran dana tersebut akan digunakan untuk belanja operasional rutin di OPD, seperti ATK, sewa listrik, air dan lainnya,"kata Kasiyadi.

Selain itu, kata Kasiyadi anggaran belanja untuk OPD sudah ada dalam Kas Daerah (Kasda) Kabupaten Sarolangun, namun tergantung dari pengajuan dari OPD.

"BPKAD sifatnya menunggu pengajuan berkas administrasi dari OPD. Misalkan saja, OPD A yang terlebih dahulu mengajukan berkas pencairan, secara otomatis berkas OPD A terlebih dahulu diproses," ucapnya.

Terpisah, Kabid Perbendaharaan BPKAD, Ahmat Subhan mengatakan, hingga Kamis (10/1) yang lalu, belum ada satupun bendahara OPD yang mengajukan berkas pencarian. Ia memprediksikan awal bulan Februari 2019 mendatang sudah ramai pengajuan berkas pencairan.

"Kami di bidang perbendaharaa tengah disibukkan dengan penghitungan Uang Pertama (UP) OPD yang akan segera dicairkan oleh masing-masing OPD,"tandasnya.

 

 

Reporter : C. Rangkuti

Editor     : Ansori