Kendaraan Dinas Tua Bakal Segera Dilelang

Rabu, 27 Maret 2019 - 20:28:33


Pemprov Jambi Akan Kembali Lakukan Lelang Kendaraan Dinas
Pemprov Jambi Akan Kembali Lakukan Lelang Kendaraan Dinas /

Radarjambi.co.id - KOTA JAMBI – Pihak Biro Pengeloaan Barang Milik Daerah (Aset) Setda Provinsi Jambi mengatakan, tahun ini akan kembali diadakan lelang kendaraan dinas berusia tua.

Riko Febrianto, Karo Pengelolaan Barang Milik daerah Setda Provinsi Jambi mengatakan, pihaknya akan mengirimkan surat ke Gubernur Jambi untuk penetapan harga, sekaligus untuk mengirim surat ke Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL).

Kata dia, ada sekitar 71 unit kendaraan yang akan dilelang tahun ini. Terdiri dari kendaraan roda empat dan roda dua.

Ini merupakan kendaraan dinas yang tidak lagi terpakai di beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD). “Ada dari beberapa OPD, termasuk di dalamnya kendaraan roda dua,” katanya.

Dari 71 unit itu, ada dua kendaraan yang merupakan sisa lelang kendaraan tahun lalu yang tidak laku terjual. Yakni dua unit mobil ambulance dari Rumah sajit Jiwa (RSJ). Sehingga tahun ini, dimasukkan lagi dalam daftar kendaraan yang akan dilelang.

“Ada dua unit ambulance dari RSJ tahun lalu tidak ada peminat. Tahun ini dimasukkan lagi,” paparnya.

Menurutnya, kendaraan dinas yang akan dilelang ini paling tua merupaka kendaraan keluaran tahun 1970an. Sementara yang tergolong usia paling muda adalah kendaraan keluaran tahun 1990an.

Namun, meski ada 71 unit kendaraan yang akan dilelang, Riko mengatakan, potensi penerimaan yang akan masuk ke kas daerah tidak akan sampai Rp 1 miliar. Karena kendaraan-kendaraan itu dilelang dengan harga yang ditentukan oleh KPKNL.

“Motor harganya sekitar Rp 250 ribu saja tahun lalu,” katanya.

Sementara itu, untuk kendaraan dinas yang saat ini masih berada di tangan mantan pejabat, Riko mengatakan masih ada. Namun, dirinya belum bisa memastikan berapa jumlahnya.

Karena belum diinventraisir jumlah, jenis, dan berada di tangan siapa. Dia mengatakan, setelah lelang kendaraan ini, biro yang dipimpinnya akan menginventarisir ulang jumlah kendaraan yang berada di tangan mantan pejabat dan belum dikembalikan ke Pemprov Jambi. 

“Setelah lelang, akan diinventarisir lagi,” tandasnya.

 

 

Reporter : E. Haryanto

Editor     : Ansori