Maulana Sampaikan Peran Pemuda Islam Dalam pembangunan Kota Jambi

Selasa, 07 Mei 2019 - 16:24:39


Wakil Walikota Jambi saat foto bersama peserta kegiatan pesantren terpadu Ramadan diselenggarakan oleh MUI Kota Jambi
Wakil Walikota Jambi saat foto bersama peserta kegiatan pesantren terpadu Ramadan diselenggarakan oleh MUI Kota Jambi /

Radarjambi.co.id - KOTA JAMBI - Wakil walikota Jambi Maulana menjadi pemateri pada kegiatan pesantren terpadu ramadhan yg diselenggarakan oleh MUI Kota Jambi di Musholla Griya Mayang, Selasa (7/5).

Maulana menyampaikan materi tentang peran pemuda Islam dalam pembangunan Kota Jambi, dihadapan peserta yang berasal dari perwakilan siswa sekolah SMP dan SMA serta pesantren yang ada di Kota Jambi.

"Materi yang saya sampaikan mengenai peranan pemuda islam dalam pembangunan kota Jambi,"ujarnya.

Disampaikan Maulana bahwa peran pemuda dalam membangun Kota Jambi di awali dengan menjaga moral serta harus menjadi kontrol sosial sebagai pemuda yang bermanfaat.

"Menjelaskan tentang peranan pemuda yang pertama harus menjadi penjaga moral atau akhlak sesuai dengan visi kami, yang kedua harus menjadi kontrol sosial harus menjadi pemuda yang bermanfaat sebaik-baik manusia yang bersifat orang lain, Yang ketiga adalah sebagai agen perubahan ini harus terus berubah kearah yang lebih baik, tidak akan dapat berhasil perubahan ini tanpa didukung oleh pemuda,"terangnya.

"Di era milenial peranan revolusi industri 4.0 mengenai media sosial sangat besar bahkan sudah menjadi gaya hidup oleh karena itu kita harus pandai melihat memanfaatkan digitalisasi itu hal-hal yang positif untuk pengembangan ekonomi pengembangan ilmu pengetahuan pengembangan budaya dan lain-lain, tapi menghindari dari hal-hal yang bersifat Hoax atau ujaran kebencian dan mengadu domba juga peran pemuda untuk menguatkan di hal-hal yang seperti itu,"terang Maulana.

Selain itu, Lanjut Maulana, pemuda juga harus menjadi agen perubahan, karena mengingat kedepannya kota Jambi akan terus berubah kearah yang jauh lebih baik lagi.

"Tidak akan dapat berhasil perubahan ini tanpa didukung oleh pemuda," ujarnya.

Maulana juga menjelaskan tentang pembangunan Kota seberang sebagai pusat wisata kultural budaya wisata rezeki.

"Perkembangan Jambi itu banyak dari seberang, yang, budaya asli rumah bertiang, pakaian makanan, kuliner dan juga berkaitan dengan sejarah kultur dan religi di sana sebagai pusat perkembangan agama Islam,"terangnya.

Selain itu, disampaikan Maulana untuk menjaga keamanan diseberang pihaknya kerjasama dengan TNI Polri.

 

 

Reporter : Musriah

Editor     : Ansori