Air Bersih Sudah Ngalir ke Tungkal Ilir

Senin, 09 September 2019 - 23:18:01


Bupati Safrial saat meninjau IPA Tebing tinggi.
Bupati Safrial saat meninjau IPA Tebing tinggi. /

radarjambi.co.id-TANJABBARAT- Harapan masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Barat, khususnya wilayah tungkal ilir untuk bisa menikmati air yang layak suadah bukan hal yang mustahil lagi.

Karena Pemkab Tanjabbar masa kepemimpinan Safrial - Amir Sakib, selain memprioritaskan pembangunan infrastruktus jalan dan jembatan, pemkab tanjabbar juga berkomitmen fokus pembangunan revitalisasi air bersih, serta listrik yang saat ini sedang di bangun Unit Gardu Induk Tegangan Tinggi (Gitet) di Kecamatan Bram itam meski harus memakan waktu yang tidak singkat.

Seperti halnya air bersih, yang dialirkan dari Instalasi Pengolahan Air minum (IPA) Tebing tinggi terkoneksi ke Parit Panting juga sudah mulai mengalir ke Kualatungkal meski masih tahap uji coba dan dianjurkan untuk tidak di kosumsi.

Direktur PDAM Terta Pengabuan, Ustayadi Berlian mengakui jika air bersih dari parit panting sudah ngalir ke kualatungkal dua hari namun sekarang sudah terhenti karena kendala ada beberapa pipa yang bocor dan masih kotor sehingga perlu pembersihan.

"Ya kemaren sudah ngalir, terhenti karena beberapa pipa yang bocor namun sudah dikerjakan, kendalanya hanya koneksi ke senyerang, kalau dari Tebing ke Tungkal sudah tidak ada masalah," ungkapnya, ditemui Senin (9/9).

Menurut Dirut PDAM, Air yang baru di uji coba tersebut memang sesuai atandar segar, bersih, tidak bau dan tidak lengket.

"Tapi, kita anjurkan agar konsumen tidak mengkosumsi airnya sebelum dilakukan uji lab, ini untuk keperluan hari hari seperti mandi dan nycuci saja. Jika nanti sudah kontinue baru kita lakukan uji lab untuk kelayakan kosumsi," jelas Dirut.

Terpisah, kepala bidang Cipta Karya Dinas PUPR Tanjabbar, Syafrun menyebutkan jika saat ini pihaknya tidak ada kendala lagi, hanya saja masih nunggu penyelesaian pemasangan listrik untuk boster Senyerang.

"Malam Minggu dan Minggu pagi kemarin sudah kita uji coba nembak ke kota Kualatungkal, Alhamdulillah lancar. Sekarang nunggu selesai pemasangan listrik, untuk boster Senyerang," terang Ompu sapaan akrabnya, dihubungi melalui pesan singkat. (ken)

 

 

Editor   :   Ansory  S