Perlombaan Tingkat SD Dibuka Bupati Muarojambi

Minggu, 22 Maret 2020 - 21:49:59


Bupati Foto bersama siswa SD di Kecamatan Sungai Gelam.
Bupati Foto bersama siswa SD di Kecamatan Sungai Gelam. /

radarjambi.co.id-MUAROJAMBI-Belum lama ini, Bupati muaro jambi, Hajah Masnah Busyro resmi buka kegiatan Kompetisi Olah Raga Nasional KOSN, Festival Lomba Seni Siswa Nasional FLS2N, Lomba Cerdas Cermat LCC DAN Gema Santri Trerampil GESIT, Tingkat Sekolah Dasar SD dilapangan sekolah dasar SD 95/IX Desa Talang Kerinci, Kecamatan Sungai Gelam.

Bupati, kegiatan KOSN, FLS2N, LCC dan GESIT Tingkat SD/MI ini, Olahraga untuk mecari bakat disekolah dasar yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merupakan salah satu bagian dari empat pilar kebijakan pembangunan pendidikan nasional, yang meliputi olah hati atau kalbu, olah rasa, olah pikir, dan olahraga.imbunya saat diwawancarai awak media.

''Olahraga merupakan kegiatan fisik yang dapat membangkitkan semangat, menumbuhkan sportivitas, persahabatan, dan persaudaraan ini, juga dapat memiliki arti yang strategis bagi nation and character building atau pembangunan watak bangsa,'' ujarnya.

Bupati menambahkan, pembangunan pendidikan tidak cukup hanya berorientasi pada penyiapan tenaga kerja.

Tetapi harus pula mampu membangun seluruh potensi kecerdasan manusia agar berkembang secara optimal dan bermanfaat bagi diri sendiri, masyarakat dan pembangunan nasional termasuk pembangunan karakter dan jati diri bangsa.

Bupati sangat mendukung dengan diadakan kegiatan ini, demi mewujudkan tujuan tersebut, salah satu program yang dilaksanakan oleh Diknas kabupaten muaro jambi , adalah penyelenggaraan Kompetisi Olahraga Siswa Nasional Sekolah Dasar (KOSN SD) yang dilaksanakan setiap tahunnya.

''Kegiatan KOSN SD merupakan momentum yang tepat dan sangat berharga bagi anak-anak untuk dapat berprestasi dan berkompetisi secara sehat,'' ujar Bupati Masnah.

Disamping itu, kegiatan tersebut juga dapat memberikan pengalaman belajar yang baik, yaitu belajar bekerja sama, mematuhi aturan, mengakui kelemahan diri sendiri dan belajar menghargai kekuatan lawan serta mengilhami nilai-nilai fairplay (jujur, bersahabat, hormat, dan bertanggung jawab) yang ada pada setiap pertandingan/perlombaan cabang olahraga pada KOSN-SD ini.

''Kegiatan KOSN merupakan pengganti dari O2SN SD yang telah diselenggarakan satu dasawarsa ini sudah berkontribusi pada keberhasilan pembinaan dan pengembangan olahraga di tingkat sekolah dasar, sehingga dapat mewadahi minat dan bakat peserta didik khususnya dalam bidang kinestetik,'' sebut Bupati.

''Prestasi Olahraga yang mampu kita raih mulai dari tingkat yang paling bawah hingga berjenjang pada tingkat selanjutnya, semua itu merupakan parameter penting dari keberhasilan kita melakukan pembinaan Bidang olah Raga dan seni di Kabupaten Muaro Jambi yang kita cintai ini,'' timpal Bupati.

Bupati, berpesan kepada siswa, agar bertandinglah dengan penuh semangat dan sportivitas untuk menunjukkan prestasi terbaik, tercepat, terkuat dan terindah.

''Kepada para wasit, saya mengajak saudara-saudara untuk memimpin setiap pertandingan secara profesional, objektif dan menjunjung tinggi norma serta kehormatan wasit.

Dan kepada para guru dan pembina olah raga dan seni mari kita jadikan momentum ini sebagai sarana evaluasi atas proses pembinaan prestasi anak-anak didik kita untuk lebih baik dan berprestasi,'' tukas Bupati.

”Selamat bertanding, saya berharap anak anak tetap menjaga silaturahmi karna ini merupakan ajang untuk menyatukan kita, mari unjuk perestasi dan kebolehan tetapi tetap menjujungi tinggi spotivitas,” harap bupati. (akd)

 

 

Editor   :  Ansory S