TP PKK Sarolangun Naik Daun, Raih Penghargaan Manggala Karya Kencana

Selasa, 15 September 2020 - 20:41:28


Penerimaan penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) dari pemerintah pusat melalui BKKBN
Penerimaan penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) dari pemerintah pusat melalui BKKBN /

RADARJAMBI.CO.ID-SAROLANGUN - Jalinan kerjasama yang terbangun secara matang antara Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Sarolangun dan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Sarolangun, akhirnya mampu menunjukkan kualitas dalam lingkaran besar organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita yang berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia, khususnyna di Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi.

Buktinya, pada Selasa (15/09) sekitar pukul 08.45 WIB Ketua TP-PKK Sarolangun, Hj Rosita Endra dan Kepala Dinas PPKB Sarolangun, H Adnan HS SE MKes menerima secara langsung penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK), yakni penghargaan tertinggi yang diberikan Pemerintah Pusat melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) kepada sosok yang dinilai mempunyai dedikaasi tinggi terhadap program pengendalian penduduk.

Penghargaan MKK tersebut diserahkan oleh Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jambi, Munawar Ibrahim SKP MPH di Rumah Dinas Bupati. Pemberian penghargaan tersebut disaksikan langsung oleh Bupati, Drs H Cek Endra dan Wakil Bupati (Wabup), H Hillatil Badri serta Sekda Ir Endang Abdul Naser dihadapan sejumlah Kepala SKPD dan pengurus TP-PKK Kabupaten Sarolangun dan GOW.

Pencapaian perolehan predikat terbaik yang ditoreh DPPKB dan TP-PKK tahun 2020 ini, sekaligus mengantarkan nama Kabupaten Sarolangun menjadi harum dan menarik, diantara Kabupaten dan Kota yang ada di Provinsi Jambi. Dengan senang hati, tentu saja secara spontanitas membuat Drs H Cek Endra, H Hillalatil Badri dan Ir Endang Abdul Naser tersenyum manis.

Kepala BKKBN Provinsi Jambi, Munawar Ibrahim dalam pidato pengantar mengatakan, jika di Provinsi Jambi, hanya dua kabupaten yang mendapat penghargaan MKK ini, yakni urutan pertama Kabupaten Sarolangun, selanjutnya Kerinci.

“Penghargaan MKK bagian dari penghargaan tertinggi yang telah ditetapkan pemerintah pusat, dibalik ini kami hanya berkapasitas sebagai perwakilan saja, namun yang menilainya dari pemerintah pusat,"sebutnya.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Sarolangun, Hj Rosita Endra mengatakan, penghargaan MKK yang diraih ini berkat partisipasi semua pihak yang ikut serta mendukung program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga.

"Terimakasih kepada Kepala BKKBN Provinsi Jambi beserta rombongan yang telah hadir di Kabupten Sarolangun, sekaligus membawa penghargaan MKK. Disamping itu terimakasih kepada ibu TP-PKK yang telah membantu. Bagi kami penghargaan ini sangat istimewa, ini dijadikan sebagai motivasi agar kita lebih giat lagi untuk berkreasi pada masa yang akan datang,"jelasnya

Dipaparkan Hj Rosita Endra, TP-PKK Sarolangun bermitra dengan DPPKB, dalam hal ini telah melaksanakan pembinaan program KKBPK di desa Kampung KB di 10 kecamatan di Kabupaten Sarolangun.

"Alahmdulillah, dengan adanya kampung KB tahun 2019, sehingga Desa Sendang Sari, Kecamatan Singkut meraih juara I Kampung KB terbaik se Provinsi Jambi,"tandasnya.

Menurut Hj Rosita Endra, jika saat ini terdapat sejumlah persoalan yang dinilai perlu diatasi, salah satunya stunting. Ini tidak hanya disebabkan kekuarangan gizi, tapi masih tingginya angka pernikahan muda dan masih kurangnya menggunakan alat kontrasepsi, khususnya bagi ibu usia 30-40 tahun.

"Tetaplah kita berkarya selagi kita diberi amanah,"tandasnya.


PENULIS: CHARLES R
EDITOR: ANSORY S