Uang Ketok Palu Disebut Sudah Budaya, Apif : Mereka Bersikeras Minta Uang

Kamis, 19 November 2020 - 20:06:42


Sidang ketok palu pengesahaan RAPBD 2017
Sidang ketok palu pengesahaan RAPBD 2017 /

RADARJAMBI.CO.ID- Anggota DPRD Provinsi Jambi Apif Firmansyah mengaku kenal dengan tiga terdakwa yaitu Cornelis Buston, Ar Syahbandar dan Chumaidi Zaidi. Hanya saja dia mengaku lebih dekat dekat dengan Chumaidi Zaidi.

"Kalau dekat itu, dengan pak Chumaidi Pak. Setahu saya dia itu pengusaha dan politisi. Saya dekat sama beliau karena dia menjadi saksi pernikahan saya." kata Apif, yang saat itu merupakan orang kepercayaan Gubenur Zumi Zola.

Apif mengaku sempat mengurus permintaan uang untuk pengesahan RAPBD menjadi APBD. "Saya diperintah pak Zumi Zola untuk menemui pimpinan dewan. Saat itu ada permintaan uang untuk pengesahan. Setelah itu saya diperintah untuk urus itu semua bersama Dody Irawan," terangnya.

Lalu jaksa menanyakan pertemuannya dengan Zoerman Manap (Alm) terkait masalah ini.

"Saat itu, Pak Zoerman bilang ini sudah biasa dek, sudah jadi budaya. Sudah dari dulu seperti ini. Setiap pengesahan RAPBD selalu ada uangnya," kata Apif menirukan ucapan Zoerman Manap ketika itu.

Menanggapi permintaan dewan tersebut, kata Apif, awalnya Zumi Zola tidak mau memberikan uang.

"Awalnya tidak mau dikasih. Cuma karena terus diancam anggaran tidak akan disahkan, Pak Zumi Zola bilang ke saya, "Pif kau urus la, anggaran harus disahkan," kata Apif.

Setelah mendapat perintah dari Zola, Apif mengaku kembali menemui pimpinan dewan untuk tidak minta uang, namun upaya itu gagal.

"Saat saya menghadap pimpinan dewan, mereka bersikeras untuk minta uang. Kata mereka sudah budaya, " katanya.(*)