Peran Orang tua Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Minggu, 10 Juli 2022 - 20:48:27


Syafiyah Qothrunada
Syafiyah Qothrunada /

Pendidikan bahasa Inggris sangat dibutuhkan seiring dengan kemajuan sebuah negara. Karenanya pendidikan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional mulai diperkenalkan sedini mungkin kepada anak didik sebelum mereka menginjak umur 12 tahun.

Indonesia sendiri pun mengajarkan bahasa Inggris kepada seluruh pelajar Indonesia mulai sejak kelas III SD dan peran orang tua tentunya sangat penting untuk memotivasi anak dalam mempelajari bahasa lain.

Dapat dilihat di era globalisasi saat ini bahasa internasional sangatlah penting karena banyak beberapa aspek dan pekerjaan yang menggunakan bahasa Inggris sepertijika kalian membeli suatu produk pasti ada penjelasannya menggunakan bahasa Inggris.

Maka, dari itu mempelajari suatu bahasa yang lain baiknya diajarkan sejak dini karena otak anak yang masih dini pada masa ini,anak sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Jadi, mereka dapat lebih mudah menyerap pola kalimat apapun ketimbang orang dewasa. 

Metode untuk pembelajaran bahasa Inggris untuk anak membutuhkan metode dan proses pengajaran yang tepat dan efektif, misalnya melalui nyanyian, musik, dan mengutamakan fisik.

Untuk mengembangkan metode tersebut juga membutuhkan peran serta dari guru dan orang tua dalam proses pembelajaran bahasa Inggris.

Pembelajaran seperti ini pun sangat membutuhkan dukungan dan semangat dari orang tua karena anak akan lebih percaya diri.

Maka, dari itu peran orang tua juga sangat penting untuk kemajuan anak dalam memahami bahasa Inggris.

Orang tua harus memiliki kesadaran tinggi dalam menyiapkan lingkungan rumah yang memadai bagi anaknya untuk menunjang proses belajar bahasa Inggris. Guru juga menyediakan prasarana belajar bahasa Inggris dan memberikan perhatian pada anak.

Seperti contoh seorang guru yang berkomunikasi menggunakan Bahasa inggris kepada muridnya itu akan lebih membantu muridnya untuk terbiasa berbicara menggunakan Bahasa inggris dan seorang ibu yang menyanyikan lagu “Twinkle-Twinkle Little Star”.

Sebelum anaknya pergi tidur itu akan membantu si anak agar merasa tidak asing dengan bahasa tersebut dan sama halnya juga jika orang tua menyetelkan kartun menggunakan bahasaInggris akan membantu anak terbiasa dengan bahasa tersebut.

Mengajarkan anak berbahasa Inggris sejak dini, kurang lebih sama dengan mengantarkan mereka meraih berbagai kesempatan, seperti melanjutkan studi di luar negeri, bersaing memperoleh pekerjaan terbaik di berbagai negara, dan juga kesuksesan dalam bidang internasionallainnya.  Itu akan sangat bermanfaat untuk anak dalam meraih masa depan. (*)

 

Penulis: Syafiyah Qothrunada, Mahasiswi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.