Pembelajaran Bahasa Inggris pasca Pandemi

Jumat, 22 Juli 2022 - 18:01:28


M Irsyad Perdana
M Irsyad Perdana /

 Indonesia salah satu negara yang terkena dampak pandemic virus Covid-19 yang berawal dari sebuah informasi dari luar negeri yaitu negara Cina bermula tahun 2019 isu virus tersebut sangat mudah menyebar dan menulari antar manusia yang lemah imun kekebalan tubuh khususnya.

Sekolah, perkantoran pabrik industri dan lain-lain yang berjalan normal hingga memasuki tahun 2020 awal bulan febuari , lalu negara mengelurkan Berita juga pengumuman nasional bahwa kasus Virus Covid-19 telah masuk ke Indonesia dengan menjangkit korban pertama yaitu salah satu warga Depok, Jawa Barat.

Saat itu juga Negara memberlakukan pembatasan berskala nasional yang berdampak pada bidang Pendidikan, perkantoran juga Kesehatan tentunya karena mengingat Virus ini merupakan jenis Virus yang mudah sekali menyebar pada orang yang sedang lemah kekebalan tubuhnya.

Pada artikel ini saya akan membahas khususnya bidang Pendidikan maupun sistem yang berubah drastis

Yang sebelumnya masih asing mungkin di kalangan masyarakat kita karena pada umumnya seluruh kegiatan dilaksanakan langsung ditempat dimana seharusnya kita beraktivitas.

Tetapi setelah adanya peraturan pembatasan ini bidang Pendidikan dilakukan secara online dari rumah masing-masing.

Hal ini membuat kita harus beradptasi dengan sistem tersebut.

Setelah penantian cukup lama bahkan 2 tahun ini rasanya seperti kita melewati beberapa dekade

Karena banyak perubahan yang suka maupun duka walaupun jika dilihat dari aktualisasi keadaan di lapangan banyak dukanya

Terutama pada Pendidikan Bahasa yang pada dasarnya butuh lawan bicara dan pembiasaan dalam berdialog dan kabar baiknya mulai awal tahun 2022

Ini sudah mulai ada pernomalan baru atau yang biasa disebut New Normal.

Pada aktivitas untuk Kembali pada umumnya karena Vaksin sudah ditemukan dan diberikan kepada warga negara kita untuk menambah kekebalan pada tubuh / sebagai antibodi dan metode pembelajaran bahasa Inggris sendiri

Sebenarnya selama Pandemi dapat dikatakan bisa berjalan dengan cara yang berbeda seperti melihat film luar Negeri, percakapan sehari-hari melalui via online dan masih banyak lagi dan cara inipun akan dilakukan pasca pandemi ini.

Karena memang beberapa cara tersebut sudah cukup umum dan efektif untuk pembelajaran bahasa Inggris itu sendiri.(*)

Penulis: Muhammad Irsyad Perdana, Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta