Ketua DPRD Apresiasi Calon Petahana Mengalah di Pilkades Ujung Tanjung

Rabu, 12 Oktober 2022 - 23:24:39


Ketua DPRD bersama Kabag Ops, , Kasat Intelkam, Kadsi PMD, Kakan Kesbang, Paisol dan Husnul Yakin
Ketua DPRD bersama Kabag Ops, , Kasat Intelkam, Kadsi PMD, Kakan Kesbang, Paisol dan Husnul Yakin /

RADARJAMBI.CO.ID,SAROLANGUN-Drama Pilkades Ujung Tanjung, Kecamatan Sarolangun yang meruncing ke arah polemik, akhirnya dapat di redamkan melalui rapat Forkompomda yang dilaksanakan di gedung DPRD pada Rabu (12/10), sore.

Rapat Forkompimda dipimpin oleh Ketua DPRD, Tontowi Jauhari dihadiri PJ Bupati Henrizal, Kabag Ops Polres Sarolangun Kompol Ahmad Bastari, Kasat Intel Polres AKP Sukman, Kadis PMD Mulyadi, Kakan Kesbangpol Hudri, Paisol, Husnul Yakin dan lainnya.

Ketua DPRD, Tontawi Jauhari ketika diwawancarai mengatakan, helatan pesta demokrasi Pilkades Ujung Tanjung tetap dilaksanakan bersama 56 desa lainnnya secara serentak se Kabupaten Sarolangun pada 19 Oktober 2022 mendatang.

Selain itu, Calon petahana Paisol dan Syakirin legowo dan mengalah untuk berkompetisi di gelanggang Pilkades Ujung Tanjung.

"Kalau kita amati histori kejadian inikan panjang, setelah dirunut ke bawah, tenyata para mereka (Red Para Cakades) itu satu rumpun. Setelah duduk bersama keluarga, akhirnya keluarga memutuskan agar ada yang mengalah. Artinya, unuk apa juga keluarga gontok-gontokan hanya kepentingan jabatan di desa,"jelasnya.

Ketua DPRD memberikan apresiasi kepada calon petahana Paisol legowo dan mengalah. Sebagai seorang Kades aktif yang juga ikut berkompetisi, tapi beliau dengan kebijakannnya dan berpikir secara luas demi menjaga stabilitas keamanan, sehingga beliau siap mengalah dan mendukung sepenuhnya pelaksanaan Pilkades dengan 3 calon yang telah di tetapkan PPS desa,"ungkapnya.

"Kita mengikuti aturan yang lama, saya dan Kabag Ops serta TNI juga minta PMD untuk menjelaskan, apakah ini ada proses yang janggal, atau kira-kira meragukan dalam pengambilan keputusan, ternyata setelah dikaji bagian hukum Setda dan Dinas PMD, maka menghasilkan, bahwa Pilkades dapat dilanjutkan, karena PPS itu kewenangannya dari BPD. Terkat dengan hal ini, tidak ada pleno yang dibatalkan, tapi menersukan sesuai dengan aturan yang ada,"papar Ketua DPRD.

Terpisah, Kabag Ops Polres Sarolangun, Kompol Ahmad Bastari mengatakan, berkat kerja sama yang dilakukan, sehingga potensi konlik bisa dikurangi. Para pihak yang berkompetisi dalam Pilkades ingin bersama-sama menjaga situasi kamtibmas, apapun situasi Kamtibmas itu adalah nomor satu.

"Alhamdulillah para pihak menyepakati untuk menjaga Kamtibmas. Para pihak membuat pernyataan untuk menjaga Kamtibmas, menjaga para pemilih untuk mengikuti rangkain Pilkades sesuai dengan aturan,"sebutnya.

Berdasarkan informasi yang dirangkum, dengan adanya 2 Cakades yang legowo dan mengalah dari gelanggang Pilkades, tentu Cakades desa Ujung Tanjung yang akan berkompetisi sebanyak 3 orang, yakni Husnul Yakin, Ahmad Zaki dan Imron Rosadi.

PENULIS: CHARLES R
EDITOR: ANSORY S