Riuh Tawa Warnai Paripurna Saat Ketua DPRD Candakan Hilal dan M Fauzi

Selasa, 25 Oktober 2022 - 21:33:04


Pemotongan tumpeng
Pemotongan tumpeng /

RADARJAMBI.CO.ID,SAROLANGUN - Rapat paripurna istimewa DPRD Kabupaten Sarolangun dalam rangka HUT Kabupaten Sarolangun ke-23 berlangsung sukses, Selasa (25/10) dimulai sekitar pukul 10.15 WIB.

Paripurna di pimpin Ketua DPRD Tontawi Jauhari di dampingi Wakil Ketua I Aang Purnama, Wakil Ketua II Syahrial Gunawan. Hadir Gubernur Jambi H Al Haris, PJ Bupati Sarolangun Henrizal, anggota DPRD dan para tamu undangan lainnya.

Suasana di ruang rapat paripurna DPRD cukup meriah, hal ini dipicu dengan canda dan gurauan yang di lepaskan Ketua DPRD ketika memimpin jalannya proses rapat paripurna, sehingga secara spontan memunculkan gemuruh tepuk tangan, riuh gelak dan tawa.

Berdasarkan pengamatan Radarjambi.co.id, Ketua DPRD Tontawi Jauhari saat menyampaikan ucapan penghormatan kepada tamu yang hadir, tiba-tiba meluapkan gunjingan yang ditujukan kepada mantan Wakil Bupati Sarolangun, H Hillalatil Badri dan Kadis PU Provinsi Jambi, M Fauzi.

"Pak Hillalatil Badri, beliau ini Insya Allah akan mencalonkan diri sebagai Bupati Sarolangun. cuman berbicara terpilih entahlah, pokoknyo antaro kami berduo ini dak tentu-tentu amat dak.Pokok pak siapo yang tepilih, itu yang diterimo. Kalau pak Fauzi nak melok ayo,"ujar Tontawi sembari tertawa tipis.

"Kehadiran Kadis PU Provinsi Jambi M Fauzi dan pak Agus Kadis Perkebunan yang mendampingi Gubernur, kalau pak Agus sayo dak banyak tanyo dak, kalau pak Fauzi ni sayo banyak tanyo, sengajo nian hadir. Benar-benar dikit pak Fauzi,"sebut Tontawi Jauhari, akhirnya tepuk tangan, gelak dan tawa pecah di ruang paripurna. .

Menariknya, Ketua DPRD Sarolangun dalam memimpin paripurna juga menyampaikan permohonan maaf kepada tamu undangan yang hadir, seandainya penyelanggaran paripurna DPRD ada hal yang tidak berkenaan. Seyogyanya peringatan HUT Kabupaten Sarolangun diselenggarakan pada 12 Oktober 2022, namun pelaksanaan ini tidak mengurangi khidamat dari peringatan HUT Kabupaten Sarolangun yang diselenggarakan sebaik mungkin.

"Kita jadikan momentum HUT Kabupaten ke-23 sebagaimana wajud ungkapan rasa syukur kita kepada Allah SWT atas rahmat dan nikmat yang diberikan kepada kita. Rasa terima kasih sekaligus rasa cinta kita kepada tanah tumpah darah bumi sepucuk adat serumpun pseko yang telah memberikan kehidupan kepada kita,"ungkapnya.

Selain itu, makna HUT Kabupaten Sarolangun, mengandung arti, jika usia Kabupaten Sarolangun semakin bertambah, berbagai pengalaman serta perjuangan telah membangun dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sarolangun.

"Selama 23 tahun sudah dijalani tentu menjadi pembelajaran berarti bagi kita untuk mengevaluasi, intropeksi dan berbenah diri agar semakin maju dan berkembang, sebagaimana kita lihat hari ini,"ucapnya.

Pada pelaksanaan program dan kegiatan tahun 2021 yang lalu, Tontawi Jauhari memaparkan, bahwa DPRD Sarolangun telah melaksanakan tugas dan fungsi diantaranya, fungsi legislasi telah mengorbitkan produk hukum antara lain, surat keputusan pimpinan DPRD 26 surat, surat keputusan DPRD sebanyak 22 surat, Perda dari tanggal 10 oktober 2021 ssampai 10 oktober 2022 telah disahkan 6 Perda.

"Fungsi budgeting atau penganggaran DPRD telah melakukan pembahasan dan pengesahan anggaran APBD P 2022, sedangkan fungsi controlling atau pengawasan, DPRD telah membahas laporan pertangungjawaban LKPJ 2021, membahas Ranperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2021, telah membahas laporan hasil pemeriksaan BPK RI, telah melakukan rapat mendengar pendapat bersama OPD pihak swasta maupun stakholder lainnya sebagai tugas dan fungsi pengawasan,"terangnya.

Berdasarkan pantauan di gedung DPRD, para undangan yang hadir di paripurna HUT Kabupaten Sarolangun ke23, yakni Gubernur Jambi H Al Haris, Ketua DPRD Provinsi Jambi diwakili Hapis Hasbiallah, Kapolda Jambi diwakili AKBP Anggun Cahyono, staf ahli Gubernur Husairi, Kepala Badan Inteljen Negara Jambi Brigjen Pol Irawan Davidsyah, Kepala BNN Jambi diwakili Murniati, Ketua BK DPRD Provinsi Jambi Evie Suherman, PJ Bupati Sarolangun Henrizal, Bupati Batanghari Fadhil Arif , para perwakilan Bupati dan Wali Kota yang ada di Provinsi Jambi, perwakilam Bupati dan Wali Kota provinsi tetangga, Forkompimda Kabupaten Sarolangun.

Hadir juga Ketua DPRD Merangin dan Ketua DPRD Batanghari, Ketua DPRD Kerinci, H Muhmmad Madel, Maryadi Syarif, H Cek Endra, H Hillalatil Badri. Arief Munandar, Kadis PU M fauzi Kadis Perkebunan. Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Ketua Parpol Sarolangun dan pengurus GOW Kabupaten Sarolangun,


PENULIS: CHARLES RANGKUTI
EDITOR: ANSORY S