Saung Teater Kembali Pentas, Meriahkan Malam Puisi Airlangga (MPA)

Selasa, 29 November 2022 - 19:58:13


/

Saung Teater kembali sukses menyuguhkan pentas di hadapan publik dalam acara Malam Puisi Airlangga (MPA).

Bertempat di pendopo Taman Budaya Jawa Timur, Saung Teater berhasil memukau ratusan penonton pada 26 November 2022.

Malam Puisi Airlangga (MPA) merupakan acara tahunan yang rutin digelar HMD Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Airlangga.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan wadah aktualisasi bagi para mahasiswa dan komunitas untuk berkarya berupa puisi.

Di hari sebelumnya, rangkain acara MPA juga adanya kelas kepenulisan puisi dengan mengundang Sastrawan Mashuri dan Indra Tjahyadi.

Dalam acara MPA kali ini, Saung Teater menampilkan pantomim dan monolog, serta pembacaan puisi dari pendirinya, Adnan Guntur.

Adapun tema dalam penampilan pantomim yaitu hibrida, yang menggambarkan kehimpitan manusia.

Mime yang memeragakan pentomim tersebut yaitu Jagad Marsela, mahasiswa Universitas Airlangga.

“Tentang kehimpitan manusia, jadi digambarkan manusia itu ada dalam ruangan yang didorong dari segala arah. Ke kanan kiri, atas dan bawah”, jelas kepala suku Saung Teater .

Perihal pentas monolog Saung Teater, menampilkan naskah Dunia dalam Koin karya Eka P Kusumah.

Sutradara pementasan tersebut mengungkapkan bahwa monolog tersebut menggambarkan manusia dan buku itu sama, selalu dihadapkan dengan benturan.

Manusia ini selalu mencari-cari ilmu, sedangkan buku ini mentransfernya ke manusia. Namun buku disini justru menjadi labirin untuk pemahaman manusia”, jelas Adnan.

“Ke-aku-an dalam naskah ini juga sangat pekat, ingin menggambarkan bahwa kemanusiaan dalam manusia sangat kompleks", imbuhnya.

Selain itu, dalam acara MPA tersebut, Adnan Guntur hadir sebagai bintang tamu utama. Ia membawakan naskah C4, karyanya sendiri yang akan segera diterbitkan.

“Mengenai pengembalian kekuasaan dalam kebijaksanaan sebagai makhluk yang datang dari suatu yang tak berbentuk hingga ke berbentuk”, jelasnya.(*)

 

Penulis : Nuzula Maghfiro Mahasiswa Sasindo Universitas Airlangga