Bakti Sosial Bentuk Penerapan Nilai-nilai Pancasila

Senin, 02 Januari 2023 - 20:03:58


/

Radarjambi.co.id-Pancasila sebagai ideologi bangsa, sangat dijunjung tinggi keberadaannya. Sebagai sarana pemersatu masyarakat dan motivasi bangsa untuk mencapai cita-cita nasional.

Di dalam Pancasila itu sendiri, terkandung nilai-nilai makna yang harus dipahami dan diamalkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara oleh masyarakat Indonesia.

Salah satu penerapan nilai-nilai Pancasila sila kedua adalah kemanusiaan. Sila “Kemanusiaan yang adil dan beradab” dalam penerapannya dapat memberi dampak positif bagi kehidupan masyarakat dan alam semesta dengan terjalinnya kehidupan yang harmonis, damai, dan penuh toleransi.

Salah satu implementasi bentuk penerapan nilai-nilai Pancasila sila kedua yaitu melalui kegiatan bakti sosial.

Bakti sosial yang bertujuan sebagai wadah saling berbagi dapat memberi kebermanfaatan bagi orang lain dan meningkatkan rasa empati dalam diri sendiri.

Selain itu juga diharapkan mampu mempererat hubungan kekeluargaan sesama manusia dan memberikan rasa keadilan bagi seluruh elemen masyarakat tanpa terkecuali.

Sebagai mahasiswa, bentuk bakti sosial yang dapat dilakukan berupa kegiatan kunjungan di panti asuhan disabilitas.

Kegiatan dapat berupa bertemu dengan pengurus dan anak-anak panti, berinteraksi langsung dan ikut serta dalam kegiatan yang sedang panti tersebut adakan.

Nilai moral yang akan mahasiswa peroleh dari kegiatan tersebut diantaranya menambah wawasan dan pengetahuan sosial, mengembangkan kepribadian dan rasa saling peduli, merasakan indahnya berbagi kepada sesama.

Timbulnya rasa bahagia ketika bisa memberi hal yang bermanfaat bagi orang lain, serta dapat memahami banyak hal yang ada dalam diri sendiri yang bisa disyukuri.(*)

 

 

Penulis   :  Najwa Azzahra, mahasiswi Universitas Ahmad Dahlan