Peran Akuntansi Manajemen

Kamis, 06 April 2023 - 09:09:24


Merry Maharani
Merry Maharani /

Radarjambi.co.id-Sebelum membahas mengenai peran akuntansi manajemen, sebenarnya apa sih akuntansi manajemen itu ?

Akuntansi manajemen adalah bagian dari akuntansi keuangan yang berfungsi memberikan informasi yang dibutuhkan oleh manajemen dalam pengambilan keputusan-keputusan yang bersifat internal.

Demi kelangsungan usaha perusahaan dimasa yang akan datang.

Peran sendiri adalah serangkaian pola perilaku yang diharapkan dari seseorang atau sistem, karena seseorang atau sistem tersebut memegang posisi ketentuan dalam suatu unit usaha atau suatu organisasi.

Peranan Akuntansi Manajemen itu apa sih ? sudah sangat jelas peran akuntansi manajemen sangat berpengaruh dalam pengambilan keputusan manajerial, tentu saja peran tersebut dapat membantu manajer dalam membuat keputusan-keputusan khusus manajemen.

Kebanyakan perusahaan adalah perusahaan yang mengutamakan dukungan terhadap konsumennya.

Perusahaan tersebut bersaing menjadi yang terbaik dari yang terbaik maka dari hal itu akuntansi manajemen mengambil perannya dalam lingkungan global ataupun bertaraf dunia dan selalu mengikuti perkembangan baru.

Peran akuntansi manajemen dalam organisasi memiliki peran pembantu, yaitu membantu orang-orang yang bertangung jawab ( manajer ) melaksanakan tujuan dasar organisasi khusus yang ingin dicapai.

Posisi yang dipegang oleh manajer tersebut menuntutnya agar berperilaku sesuai dengan jabatan yang dipegangnya dan bertangung jawab langsung pada tujuan dasar organisasi tersebut.

Tanggung jawab yang dimaksud ini berupa pengambilan keputusan dan pemberian arah yang akan memandu jalannya aktivitas-aktivitas menuju tujuan perusahaan dimasa yang akan datang.

Para manajer adalah orang yang ditunjuk pemilik perusahaan atau pemegang saham untuk menjalankan roda perusahaan dengan baik dan benar.

Akuntansi manajemen sendiri sangat membantu manajer dalam membuat skenario atau rekayasa dalam mengambil keputusan yang akan diambil.

Peran akuntansi manajemen juga tidak luput dalam membantu manajer diberbagai tugas-tugas manajer yaitu sebagai berikut :

Membantu dalam merancang sistem informasi organisasi.

Memastikan bahwa sistem berjalan secara efektif dan memadai.

Membantu melaporkan informasi secara berkala kepada manajer-manajer yang berkepentingan.

Membantu melaksanakan analisis-analisis khusus.

Dalam uraian tersebut peran akuntansi manajemen sangat berperan dalam membantu manajemen untuk pengambilan keputusan, baik keputusan strategis maupun keputusan taktis.

Maka dari itu sebuah organisasi haruslah dibentuk atas usaha bersama dan mempunyai target usaha yang hendak dicapai dalam periode-periode usaha berjalan.

Akuntansi manajemen juga berperan menjadi sistem dimana semua data akuntansi keuangan yang masuk diseleksi dan akan diambil keputusannya oleh manajer guna mencapapai tujuan khusus manajemen suatu perusahaan.

Dan juga dapat berfungsi membuat berbagai rancangan kedepannya untuk mencari solusi dalam berbagai kebutuhan khusus pihak internal manajemen.(*)

 

Penulis. : Merry Maharani
Mahasiswi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta