Kenduri Swarnabhumi di Desa Muaro Pijoan Sukses, Pj Bupati Muaro Jambi Apresiasi Kadis Pendidikan

Rabu, 02 Agustus 2023 - 22:02:50


/

Radarjambi.co.id-MUAROJAMBI-Kenduri Swarnabhumi yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi di Desa Muaro Pijoan Kecamatan Jaluko Kabupaten Muaro Jambi berlangsung meriah. Ribuan masyarakat hadir memenuhi lokasi acara.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Gubernur Jambi H Abdullah Sani, Pj Bupati Muaro Jambi, Kapolres Muaro Jambi, Kajari Muaro Jambi, anggota DPRD Kabupaten Muaro Jambi dan juga DPRD Provinsi Jambi serta tamu dari Kementerian.

Kegiatan ini berpusat di Objek Wisata Lubuk Guci Emas Desa Muaro Pijoan. Sebelum sampai di lokasi acara, Wakil Gubernur Jambi bersama rombongan terlebih dahulu melakukan ekspedisi menelusuri sungai dengan menggunakan perahu hias.

Kegiatan ini berkaitan dengan manfaat sungai yang sangat penting dalam kehidupan manusia, juga terhadap flora dan fauna didalamnya dan ekosistem di sekitar aliran Sungai Batanghari.

Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah menyebut sebagai warga Provinsi Jambi khususnya Kabupaten Muaro Jambi Kita patut bersyukur kepada Allah karena dengan kenduri Swarnabhumi yang membawa narasi menghubungkan kembali masyarakat daerah aliran Sungai Batanghari.

Serangkaian kegiatan diselenggarakan pada ekspedisi Batanghari seperti perjalanan menuju kawasan lubuk larangan guci emas desa Muaro Pijoan.

"Kegiatan ini sebagai salah satu upaya menguatkan kebanggaan masyarakat di daerah aliran Sungai Batanghari sehingga meningkatkan semangat nasionalisme dalam mengembangkan dan memanfaatkan warisan budaya dan cagar budaya nasional," kata Bachyuni Deliansyah.

Selain itu, diharapkan dapat mendorong pemerintah dan masyarakat agar dapat menginisiasi berbagai program dan aktivitas lanjutan di daerah aliran Sungai Batanghari.

"Terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada kami untuk dapat terlibat dalam program bersama dengan Kementerian Pendidikan Kebudayaan riset dan teknologi. Kami mengharapkan ke depan dapat terus bekerja sama dengan baik dalam ekspedisi Batang Hari libido bersama warna bumi serta program-program lainnya dan jangan pernah bosan untuk terus memberikan evaluasi kepada kami," harapnya.

Kegiatan ini mendapatkan apresiasi yang tinggi dari Wakil Gubernur Jambi H Abdullah Sani. Menurut Abdullah Sani, kegiatan yang diadakan ini merupakan kegiatan yang bermanfaat oleh masyarakat dan lingkungan, apalagi kegiatan menyusuri sungai.

Kata dia, kegiatan ini sangat baik untuk menarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara sekaligus. Kegiatan ini menjadi momentum untuk menguatkan kesadaran juga kepedulian dan partisipasi masyarakat di dalam melestarikan lingkungan khususnya Sungai Batanghari.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muaro Jambi, Firdaus menyebut, kegiatan Kenduri Swarnabhumi merupakan kegiatan pemajuan kebudayaan sebagai wujud ikhtiar bersama untuk lebih sinergis lagi dalam menjaga kebersihan dan kelestarian sungai batanghari.

"Melalui pendekatan budaya dan sejarah, bahwa keberadaan sungai batanghari mengandung peradaban panjang yang sarat dengan berbagai kearifan," kata Firdaus.

Katanya, kegiatan ini berkaitan dengan manfaat sungai yang sangat penting dalam kehidupan manusia, juga terhadap flora dan fauna didalamnya dan ekosistem di sekitar aliran sungai batanghari.

"Narasi yang diusung ialah, menghubungkan kembali hubungan masyarakat dengan sungai atau peradaban akuatik. Kenduri Swarnabhumi di Kabupaten Muaro Jambi ini mengangkat tema Bebiduk Besamo," katanya.

Secara filosofis di masyarakat Bebiduk Besamo ini memiliki arti sebagai sebuah penopang hidup dalam konteks sungai. Ia menyebut Bebiduk Besamo ini, merupakan sebuah konsep festival yang menghubungkan peradaban hulu menuju ke arah hilir.

"Jika dihubungkan dengan narasi peradaban akuatik, Bebiduk Besamo ini mengangkat isi pencemaran lingkungan khususnya di sungai batanghari. Apabila, dihulu mengalami kerusakan atau pencemaran maka di hilir yang akan merasakan dampaknya," jelasnya. (akd)