Fitur-Fitur Baru Snapchat

Senin, 18 Desember 2023 - 22:46:36


Dyah Kumala Sari, Amanda Dela Puspita, Safsna Raiyya Cahyanida
Dyah Kumala Sari, Amanda Dela Puspita, Safsna Raiyya Cahyanida /

Radarjambi.co.id-Snapchat sekarang terus memperoleh perkembangandengan memunculkan fitur-fitur baru yang akhirnya berhasil meningkatkan pengguna Snapchat, yang sempat menurun drastispada beberapa tahun belakangan ini.

Karena kalah bersaing dan tenggelam dengan platfrom lainnya yaitu Tiktok,Instagram dan Youtubesehingga hype seputar Snapchat semakin memudar.

Namun, seperti tidak ingin kalah telak lagi Snapchat terus ber inovasi dan melakukan beberapa pembaruan. Berkat inovasi terkini, platform tersebut berhasil menarik perhatian banyak pengguna baru serta memperluas jangkauan dan pengaruhnya di dunia digital.

Snapchat, platform media sosial yang terkenal dengan konsep pesan gambar singkatnya ini, mengumumkan bahwa Snapchat kini sudah memiliki 406 juta pengguna aktif harian (Daily Active Users/DAU pada  Laporan Keuangan Triwulan Ketiga 2023.

Hal tersebut karena fitur-fitur baru yang di dukung oleh kecerdasan buatan (AI). AI menjadi titik terang bagi Snapchat.Perusahaan MyAI chatbot, yang diluncurkan ke semua pengguna Snapchat pada  April, telah mencapai lebih dari 200 juta orang yang secara kolektif bertukar lebih dari 20 miliar pesan dengan chatbot yang didukung OpenAI.

Teknologi AI memperkuat lebih banyak fitur dalam aplikasi Snapchat dengan memungkinkan pengguna merekomendasikan lensa, menambahkan efek pada foto dan video, dan menggunakan fitur peta  aplikasi untuk merekomendasikan tujuan di dunia nyata.

Mari Kita telaah bersama-sama beberapa fitur baru yang telah berhasil meningkatkan jumlah pengguna Snapchat.

Dilansirdari Reuters pada Kamis (20/4/2023), Snap berencana menggunakan teknologi ini agar dapat mempercepat pengembangan fitur augmentedreality (AR), atau gambar terkomputerisasi yang dilapiskandi atasfoto dan video dari dunia nyata.

PEMBARUAN FITUR-FITUR SNAPCHAT

  1. Augmented Reality (AR) Filter

Salah satu fitur unik yang ada di dalam Snapchat menggunakan dukungan (AR).Fitur ini memiliki filter yang bisa digunakan untuk menambahkan efek pada objek tertentu, Mulai dari filter yang mengubah wajah hingga filter yang menciptakan efek khusus.

Setiap tahunnya, fitur AR terus dikembangkan dan terus memunculkan fungsi-fungsi menarik lainnya. Seperti,pembaruan fitur belanja lewat AR Berbagai brands dapat meminta, mengelola, dan mengoptimalkan model 3D untuk produk apa pun di katalog mereka yang membuat bisnis jadi cepat dan mudah.

  1. Snap Lens Learning

Snapchat dilengkapi dengan machine learning (ML)dengan berbasis AI. SnapML memungkinkan pengguna membuat filter dan lens khusus mereka sendiri. Pengguna dapat melibatkan berbagai elemen, mulai dari augmented reality (AR) hingga elemen interaktif yang dapat merespons gerakan dan ekspresi wajah. Dan bisa dengan mudah mendeteksi lebih dari 1000 objek.

  1. AI-Powered Bitmoji

Untuk kalian yang belum tahu kalau Bitmoji merupakan emoticon yang bisa digunakan pada avatar profil akun, Snapchat yang telah meningkatkan fitur Bitmoji berbasis AI untuk membuat avatar yang lebih hidup. Bitmoji dapat meniru ekspresi wajah pengguna secara real-time, memberikan sentuhan personalisasi yang lebih dalam pada setiap momen yang dibagikan.

  1. Snap Map

Fitur Snap Map yang telah ada sebelumnya kini ditingkatkan dengan berbagai inovasi. Pengguna kini dapat berbagi informasi lokasi  real-time dengan teman dan  menikmati konten yang diposting oleh pengguna di seluruh dunia.

Snap Map 2.0 memberikan pengalaman eksplorasi yang lebih interaktif dan mendalam, menjadikan Snapchat  platform yang sangat menghibur dan informatif.

Dengan inovasi fitur-fitur terbaru ini,Snapchat tidak hanya menyediakan platform untuk berbagi momen, namun juga memanfaatkan inovasi teknologi untuk memberikan pengalaman yang lebih menarik, kreatif, dan personal kepada pengguna.

Kemampuannya untuk menggabungkan kreativitas, interaktivitas, dan privasi menjadikan Snapchat sebagai pilihan utama bagi mereka yang mencari pengalaman media sosial yang unik. Namun masih sama dengan aplikasi lainnya Snapchat juga memiliki kelebihan maupun kekurangan di dalam nya.

Kelebihan Snapchat 

  • Menggunakan fitur Augmented Reality (AR) yang masih jarang ada pada aplikasi lain
  • Terdapat fitur untuk bermain game, Pilihan yang bisa di mainkan cukup banyak serta beragam Anda juga dapat mengajak teman untuk ikut bermain.
  • Tidak membani ruang penyimpanan pada HP, karena media (foto atau video) tidak akan tersimpan pada perangkat
  • Bisa membuat stiker sendiri dan digunakan untuk mengobrol dengan orang lain

Kekurangan Snapchat

  • Batas waktu hanya 10 detik, sehingga kita harus fokus lebih agar bisa mengamati video atau foto.Artinya, sulit menjalankan snapchat bersama dengan aplikasi lain
  • Aplikasi ini cukup menguras daya baterai dan paket data. ika kamu menggunakan smartphone dengan kapasitas baterai besar dengan koneksi unlimited atau Wifi, hal ini tentu tidak terlalu menjadi masalah.
  • Penyebaran dan pencarian konten masih tergolong sempit

Setiap platform media sosial memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, dan keputusan untuk menggunakan Snapchat atau platform lainnya harus sesuai dengan preferensi dan kebutuhan pribadi Kita sendiri.

Selain itu, Snapchat akan terus menghadirkan fitur-fitur baru yang memanfaatkan kecerdasan buatan untuk memberikan pengalaman pengguna yang semakin unik dan menarik.(*)

 

 

Penulis : Dyah Kumala Sari, Amanda Dela Puspita, SafsnaRaiyya Cahyanida Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Satra Budaya dan Komunikasi, Universitas Ahmad Dahlan