Ajak Insan Pers untuk Bersinergi Membangun Kota Jambi

Sekda Ridwan Buka Rakerda Ke-1 Iwako Jambi

Sabtu, 27 Januari 2024 - 14:58:20


/
RADARJAMBI.CO.ID - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Jambi, A Ridwan membuka secara resmi Rapat Kerja Daerah Ikatan Wartawan Liputan Kota (IWAKO) Jambi arena Glamping, Citra Raya City, Jumat malam (26/1).
 
Turut hadir dalam kegiatan itu, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kota Jambi, Kepala Dinas Kominfo, Kepala Dinas PU-PR, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Perhubungan, Kadis Perindag, Kaban Kesbangpol, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan, Kepala Dinas Kesehatan yang diwakili Sekretaris Dinas, Kepala Bank Jambi Cabang Sutomo, Kabag Ekonomi Setda Kota Jambi, serta kepala bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP).
 
Dalam arahannya, Sekda Ridwan mengatakan pers memiliki peran penting dan strategis sebagai penyalur aspirasi, alat kontrol sosial yang efektif, sarana membangun kehidupan masyarakat, serta media untuk menyampaikan informasi yang cerdas dan kritis yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.
 
Oleh karenanya, melalui Rapat Kerja Daerah ke-1 Iwako Jambi ini, Sekda berharap kepada seluruh anggota IWAKO Jambi, hendaknya dapat mensinergikan kekuatan untuk meminimalisir kelemahan sekaligus menciptakan peluang yang mampu membawa organisasi ini menjadi lebih baik lagi.
 
"Melalui kesempatan yang baik ini, saya mengucapkan terimakasih atas dukungan dan kerjasama selama ini dalam membantu penyebarluasan informasi pembangunan di Kota Jambi. Tanpa adanya dukungan dari rekan-rekan wartawan, kami belum tentu optimal dalam bekerja, karena kinerja dan keberhasilan pemerintahan dan pembangunan perlu juga mendapat dukungan dari media, baik dalam bentuk publikasi hasil pembangunan maupun berita berita yang sifatnya membangun," ujarnya.
 
Ridwan berharap, kemitraan yang selama ini telah terjalin dengan baik dapat terus ditingkatkan dan disinergikan. 
 
"Mari kita bersama-sama saling bahu-membahu mendukung dan melaksanakan program pembangunan Pemerintah Kota Jambi yang saat ini terus digalakkan," tambahnya lagi.
 
Ia juga menyampaikan kepada seluruh jajaran Pemerintah Kota Jambi untuk selalu memberikan keterangan dan data, apabila terjadi permasalahan yang menjadi perbincangan hangat. 
 
"Jangan takut, berikan kejelasan terkait dengan persoalan-persoalan yang sedang viral atau hangat dibicarakan. Karena sebenarnya apa yang viral itu belum tentu benar, makanya perlu diluruskan melalui berita yang berimbang," jelasnya.
 
Kepala Dinas Kominfo Kota Jambi, Abu bakar mengapresiasi terlaksananya kegiatan Rakerda IWAKO Jambi ke-1 ini. 
 
Kata Abu Bakar, selama ini IWAKO Jambi telah berperan dalam memberikan informasi kepada masyarakat terkait dengan program pembangunan di kota Jambi. Namun ia mengungatkan kepada seluruh anggota untuk bijak dalam pemberitaan dengan selalu mengedepankan cek dan re-cek sebelum menginformasikan sebuah berita.
 
"Semoga dalam Rakerda ke-1 ini nantinya bisa melahirkan program-program yang bisa membawa perubahan, serta berdampak positif terhadap dunia pers di Kota Jambi," jelasnya.
 
Sementara itu, Ketua IWAKO Jambi, Ali Ahmadi mengatakan, jika Rakerda ke-1 ini merupakan amanah yang harus dilaksanakan sejak dilantiknya pengurus IWAKO Jambi periode 2023-2025 pada 2 November 2023 lalu. 
 
"Setelah dilantik, kami harus menyusun para anggota serta merumuskan program kerja selama dua tahun kedepan," katanya.
 
Ia juga mengungkapkan kesiapan IWAKO Jambi untuk ikut mengawal pembangunan di Kota Jambi dengan memberikan informasi yang positif dan konstruktif. Dalam upaya mencapai hal tersebut, sinergi antara IWAKO dan pemerintah akan menjadi kunci.
 
Dia juga menekankan pentingnya akses terbuka terhadap informasi dari para stakeholder, sehingga pemberitaan dapat lebih seimbang dan informatif.
 
"Pemerintah Kota Jambi selama ini telah memberikan perhatian khusus kepada IWAKO dan menjadikan wartawan sebagai mitra dalam pembangunan kota, selama 10 tahun terakhir," pungkasnya. 
 
Pembukaan Rakerda itu ditandai dengan penyalaan api unggun oleh Sekda Kota Jambi, A Ridwan dan dilanjutkan dengan Sharing Session antara jajaran Pemkot Jambi dan Anggota IWAKO Jambi.(ria/akd)