Bekal Wirausaha Mahasiswa Abad XXI di Era Industri 4.0

Selasa, 21 Mei 2024 - 14:22:28


/

Radarjambi.co.id-Di era digital yang dipenuhi oleh kemajuan teknologi, penting bagi mahasiswa untuk memiliki bekal wirausaha yang baik.

Mengapa harus demikian? Dunia bisnis telah diubah secara signifikan oleh teknologi digital.

Era industri 4.0 yang ditandai dengan kemajuan teknologi informasi “ _Internet of Things_ ”, memiliki dampak yang signifikan terhadap ekonomi di seluruh dunia, termasuk Indonesia (Juhairiah & Yuwono, 2022).

Mahasiswa yang memiliki bekal wirausaha akan lebih mampu dalam menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut, termasuk membangun bisnis baru melalui teknologi.

Wirausaha dapat membantu mahasiswa untuk mempelajari berbagai keterampilan penting, misalnya komunikasi, kepemimpinan, pemecahan masalah, dan manajemen waktu.

Keterampilan tersebut akan sangat berguna di era industri 4.0, baik dalam dunia bisnis, kehidupan sehari-hari, bahkan pada karir profesional di masa depan.

Era industri 4.0 memerlukan inovasi dan kreativitas tingkat tinggi dalam menciptakan suatu solusi baru dengan menggunakan teknologi.

Mahasiswa dapat menciptakan peluang ekonomi dengan keterampilan wirausaha. Menggunakan teknologi digital, mahasiswa dapat memproduksi barang atau layanan yang bernilai tambah dan mengembangkan konsep bisnis yang inovatif.

Hal tersebut memungkinkan mahasiswa untuk mengendalikan sumber pendapatan mereka sendi yang sangat penting dalam ekonomi yang selalu berubah.

Selain itu, mahasiswa yang memiliki kemampuan untuk berwirausaha tidak hanya akan membuka peluang kerja bagi dirinya sendiri, melainkan membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Persaingan yang semakin pesat di dalam dunia wirausaha, mahasiswa harus memiliki kemampuan yang baik serta bekal wirausaha sehingga dapat bersaing secara global.

Supaya dapat berhasil dalam dunia wirausaha yang dinamis dan kompetitif saat ini, mahasiswa harus dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang relevan (Melliani & Triadi, 2023).

Oleh karena itu, mahasiswa di era industry 4.0 membutuhkan bekal wirausaha untuk menjadi agen perubahan yang inovatif, kreatif, dan adaptif saat menghadapi tantangan dan peluang yang ditawarkan oleh kemajuan teknologi digital.(*)

 

Penulis : Nanda Dewi Saputri dan Muhammad Rohmadi Universitas Sebelas Maret