Pemkab Sarolangun Bakal Kaji Dasar Hukum Pemeriksaan Kesehatan 185 CJH

Senin, 24 April 2017 - 20:54:37


Kepala OPD yang hadir.
Kepala OPD yang hadir. /

RADARJAMBI.CO.ID, SAROLANGUN- Dalam kurun waktu dekat ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sarolangun melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) bakal melakukan pengecekan kesehatan Jemaah Calon Haji (JCH) Sarolangun, sebelum keberangkatannya ketanah suci pada musim haji tahun 2017 nanti.

H Adnan SE M Kes Kepala Dinas Kesehatan Sarolangun pada harian ini, lalu mengatakan, saat ini pihaknya lagi mempersiapkan dasar hukum pemeriksaan JCH, baik secara biaya maupun sistem pemeriksaannya.

“Betul, nanti kita akan periksa kesehatan jemaah, tentu harus ada dasar hukum yang kita pegang, makanya dalam waktu dekat kita selesaikan dulu dasar hukum tersebut,”ujar Adnan.

Dijelaskannya, pemeriksaan JCH Sarolangun bakal dilakukan selama dua kali, sehingga saat keberangkatan menunaikan ibadah memang betul-betul dalam kondisi sehat.

“Dalam waktu dekat ini kita periksa kesehatannya, setelah itu saat mendekati keberangkatan,”tambahnya.

Kadinkes berharap pada para jemaah untuk terus menjaga kesehatan.

"Mudah-mudahan mereka semua sehat dan layak berangkat,”harapnya.

Perlu diketahui kuota jemaah haji sarolangun pada tahun ini sebanyak 170 orang, ditambah 15 orang kuota tambahan dari kunjungan raja Salman beberapa waktu lalu, dan total jemaah haji sarolangun yang boleh melunasi sekitar 185 orang.

“Awalnya sekitar 192 orang, karena ada yang sakit dan meninggal jadi sekitar 185 orang yang harus melunasi tahap pertama ini, namun angka tersebut bisa saja berubah, tergantung kebijakan pusat jika ada kuota tambahan,”jelas Ahmadi Kasi Haji Kementerian Agama Kabupaten Sarolangun belum lama ini.

Untuk keberangkatan sendiri, Ahmadi belum bisa mengatakan waktu pastinya, namun bisa diperkirakan sekitar awal agustus mendatang,”Insyaallah agustus awal,”tandasnya.


Reporter: Charlez
Editor: Gustav