37 Wartawan Dinyatakan Kompeten

Minggu, 15 April 2018 - 19:14:29


Peserta Uji kompetensi Wartawan (UKW), berfoto dengan penguji dari Dewan Pers
Peserta Uji kompetensi Wartawan (UKW), berfoto dengan penguji dari Dewan Pers /

RADARJAMBI.CO.ID,-Uji kompetensi Wartawan (UKW) digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jambi. Kegiatan itu digelar di Abadi Grand Hotel, Sabtu-Minggu (14-16/4).

Sebanyak 44 orang jurnalis dari berbagai media mengikuti UKW yang terbagi menjadi 3 peserta UKW tingkat Utama, dan 41 peserta UKW tingkat Muda. Dalam gelaran UKW tersebut, ada 7 peserta  dari 44 peserta  yang dinyatakan belum kompeten.

Peserta yang dinyatakan kompetan mendapatkan nilai di atas standar yang berarti selama berkegiatan menjadi jurnalis sudah sesuai dengan kaedah yang ditetapkan oleh Dewan Pers.

Dengan predikat kompeten tersebut, tentu juga menjadi tanggung jawab yang besar agar dapat melaksanakan fungsi pers yang sesuai aturan dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

"Yang sudah menyelesaikan tugas profesional harus ikut gerak membantu supaya teman-teman yang belum mendapatkan kesempatan ikut uji kompetensi dan Safari jurnalistik juga mendapatkan kesempatan,” kata Manager UKW PWI Pusat, Uyun Achadiat. 

Menurutnya, dengan memiliki kompetensi maka jurnalis mempunyai nilai tambah. Selain itu yang paling penting adalah pewarta mendapatkan pengetahuan, informasi dan ilmu jurnalisme. Hal ini menjadi penting karena ilmu jurnalis bergerak dan berpacu dengan teknologi informasi.

Uyun juga mengatakan jurnalis wajib menjunjung tinggi independensi dan besifat heterogen sehingga dapat diterima oleh masyarakat banyak.

Dengan berkompetensi maka, seorang jurnalis dapat memberikan masukkan kepada pimpinan media untuk keberhasilan media itu sendiri.

Sementara itu, hal yang sama disampaikan oleh Ketua PWI Jambi, Saman. Dia mengatakan pihaknya mengungkapkan bahwa 7 pewarta yang belum kompeten, tentu menjadi pembelajaran bersama bahwa ternyata selama menjadi wartawan ada banyak hal yang perlu dikoreksi dan diperbaiki.

Namun demikian, ia mengimbau kepada peserta yang belum berkompeten agar tidak patah semangat dan dapat mengikuti uji kompetensi selanjutnya.

“Nanti bisa mengikuti di uji kompetensi berikutnya, Insya Allah kita targetkan akan ada lagi uji kompetensi yang berikutnya mudah-mudahan terlaksana,” katanya.

Penulis : Endang Haryanto