KPU Batanghari Kekurangan 14.774 Surat Suara

Rabu, 03 April 2019 - 20:33:39


Ilustrasi
Ilustrasi /

Radarjambi.co.id - MUARABULIAN - Pasca dilakukannya penyortiran dan pelipatan surat suara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batanghari, ternyata mengalami kekurangan 14.774 surat suara.

"Kekurangan surat suara tersebut terdiri dari surat suara rusak dan kekurangan pengiriman surat suara," kata Ketua KPU Batanghari, A Kadir.

KPU sendiri telah menyampaikan jumlah surat suara rusak tersebut secara tertulis kepada KPU Provinsi Jambi. Surat suara yang rusak tersebut berjumlah 11.227 surat suara dan 3.547 surat suara yang pengirimannya kurang.

Surat suara yang rusak tersebut terdiri dari 1.015 surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden, 3.075 surat suara pemilihan DPR RI, 1.904 surat suara pemilihan DPD, 1.173 surat suara pemilihan DPRD Provinsi dan 4.060 surat suara pemilihan DPRD Kabupaten.

"Kerusakan surat suara tersebut berupa surat suara yang robek, tinta yang melebar dan tidak sesuai dengan surat edaran penentuan surat suara," kata A Kadir. 

Surat suara yang rusak tersebut saat ini masih di simpan oleh KPU Batanghari dalam gudang penyimpanan. Sebelum pelaksanaan pemilu, KPU batanghari akan lakukan pemusnahan terhadap surat suara yang rusak.

Namun saat ini KPU daerah itu masih menunggu petunjuk dri KPU pusat terkait proses pemusnahan surat suara yang rusak tersebut. 

"Sebelum pemilu kekurangan surat suara ini akan tiba di KPU Batanghari, namun saat ini kita juga masih menunggu," kata A Kadir.

Pasca selesai dilakukannya penyortiran dan pelipatan surat suara, KPU Bqtanghari kini tengah bersiap lakukan pengepakan logistik pemilu. Pengepakan tersebut dilakukan sesuai kebutuhan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

 

 

Reporter : Didi

Editor     : Ansori