Pemkot Siapkan 50 Ribu Ton Daging Beku

Rabu, 08 Mei 2019 - 16:39:14


Ilustrasi
Ilustrasi /

Radarjambi.co.id - KOTA JAMBI - Memasuki bulan suci ramadhan biasanya kebutuhan pangan meningkat hingga hari raya idul fitri, seperti daging dan bumbu dapur lainnya.

Terkait hal tersebut kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Jambi, Damiri, mengatakan bahwa pemerintah Kota Jambi telah menyiapkan daging beku sebanyak Rp. 50 ribu Ton hingga lebaran mendatang. 

“Stok daging beku menjelang lebaran ada 50ribu ton, Kalau masalah daging terutama kita di bantu oleh daging beku. Saat ini ada 11 pedagang di Jambi yang mempunyai NKPI nanti pedagang secara legal,”terangnya.

Dikatakan Damiri bahwa pasokan daging beku di datangkan dari luar negeri , selain itu juga ada daging segar yang dipotong oleh asosiasi pedagang daging 10-15 ekor perhari.

“Pasokan daging beku kita dari luar ada dari Australia, kalau kerbau dari India, tidak masalah mudah-mudahan animo masyarakat beralih kepada daging beku. Dan kita juga punya asosiasi pesagang daging saat ini sudah memotong 10-15 ekor per hari, Harga daging beku Rp.80 ribu /kg, Harga daging potong baru Rp.120 hingga Rp.130an/kg,”terangnya.

Selain itu juga Damiri menjelaskan naiknya harga bawang putih hingga Rp. 100 ribu/ kg di pasaran Kota Jambi hal tersebut disebabkan karena pasokan bawang didatangkan dari pulau Jawa dan stok terbatas, untuk kedepan pihaknya akan berusaha untuk memproduksi sendiri dengan membudidayakan bawang putih agar tidak terjadi kekurangnya stok dan lonjakan harga.

“Saat ini alhamdulilah semua pangan stabil kecuali harga bawang putih, harga bawang memang kita tidak bisa penuhi sendiri,bawang ini kita memenuhinya dari daerah jawa dan beberapa daerah lain di sumatera, Jadi memang kita tidak bisa produksi sendiri, Alhamdulilah cabe masih stabil, yang lain juga masih stabil,”terangnya.

 

 

Reporter : Musriah

Editor     : Ansori