Diduga Pangkalan Gas Melon Along Palsukan Alamat Usaha

Selasa, 05 Mei 2020 - 20:47:53


Papan merek pangkalan LPG 3 Kg Firman/Along
Papan merek pangkalan LPG 3 Kg Firman/Along /

Radarjambi.co.id-KUALATUNGKAL - Pangkalan gas elpiji bersubsidi 3 kg milik Firman/Along diduga memalsukan alamat ijin lokasi usaha dan melakukan operasi pendistribusian gas hingga lintas kecamatan.  Akibatnya, warga disekitar lokasi pangkalan mengeluh tidak pernah mendapat jatah pembelian gas.

"Memang pangkalan itu tidak pernah menjual gas untuk warga daerah sini. Masuknya sering malam dan itupun langsung tutup tokonya. Kabarnya gasnya untuk daerah seberang. Mungkin karena harga jualnya memang lebih mahal. Malah disampingnya juga ada pangkalan tapi lebih sering aktif,"sebut ujar Anto salah satu warga.

Dengan persolan ini, warga berharap pihak terkait menertibkan pangkalan yang nakal, sehingga penyaluran gas bersubsidi bisa tepat sasaran, atau sampai ditangan masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

"Kalau memang boleh, kenapa tidak dijual untuk warga sini saja. Toh selama ini kami juga sering kesulitan cari gas 3 kg," timpal Ani, warga lainya.

Informasi dihimpun, lokasi usaha pangkalan gas bersubsidi milik Firman/Along berdiri kokoh dibangunan ruko Jalan Asia, Kelurahan Tungkal IV Kota, Kecamatan Tungkal Ilir.

Sementara itu, wilayah pendistribusian yang tertera di plang toko beralamat di Jalan Merdeka, Desa Tungkal IV, Kecamatan Seberang Kota.

Menanggapai persoalan ini, Kabid Perijinan DPM-PTSP Tanjab Barat, Aji Wiliamsyah membenarkan adanya ijin usaha pangkalan dengan nama toko Sinar Timur atas nama Firman alias Along. Namun, alamat tempat ijin usaha yang dikeluarkan berlokasi di Jalan Kemakmuran Tungkal IV Kota.

Hingga saat ini, pihaknya juga belum menerima laporan adanya pengajuan perubahan lokasi usaha tersebut.

"Ada ijin, namun alamat tempat ijin usaha di Keluarahan Tungkal IV Kota. Sampai saat ini belum ada pengajuan baru," ujar Aji.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperindag Tanjab Barat, Syafriwan, memastikan total sebanyak 203 pangkalan gas yang ada di Kabupaten Tanjab Barat sudah mendapat ijin resmi dari pihak Pertamina. (ken)

 

EDITOR : ANSORY S