Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus

Sabtu, 02 Juli 2022 - 12:12:55


Atas Sultan Joe Satriani
Atas Sultan Joe Satriani /

Anak berkebutuhan khusus (ABK) adalah anak yang memiliki keterbatasan fisik, intelektual, emosi, dan sosial.

Anak-anak ini dalam perkembangannya mengalami hambatan, sehingga tidak sama dengan perkembangan anak sebayanya.

Hal ini menyebabkan anak berkebutuhan khusus membutuhkan suatu penanganan yang khusus. Oleh karena itu pendidikanya pun harus disesuaikan.

Banyak orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus menyekolahkan anaknya disekolah formal dikarenakan tidak adanya sekolah khusus disekitar,ditambah lagi untuk masuk sekolah khusus biaya yang banyak.

Padahal itu salah dikarenakan mereka sangat berbeda dengan anak-anak normal yang bisa mengikuti pelajaran di sekolah yang diberikan.

Kemudian para anak berkebutuhan khusus banyak mendapatkan pendidikan yang salah,merekadiajarkan layaknya anak-anak normal.

Yang seharusnya diberikan kepada mereka adalah pendampingan atas kekurangan mereka dan juga bekal keterampilan agar mereka nantinya bisa melanjutkan hidup. Mereka juga membutuhkan pendampingan medis untuk penyakit mereka.

Intinya metode pembelajaran dan pendampingan yang tepat, dan itu semua membutuhkan dana yang banyak dan kebanyakan hanya terdapat di sekolah berkebutuhan khusus.

Dikarenakan itu anak berkebutuhan khusus dari keluarga kurang mampu banyak yang tidak disekolahkan.

Ini patut menjadi perhatian bagi pemerintah untuk menyediakan sarana dan prasarana untuk mereka agar mendapatkan pendidikan dan pendampingan tadi secara layak.

Harus banyak didirikan sekolah berkebutuhan khusus yang terjangkau bahkan kalau bisa didanai pemerintah. Mereka juga berhak mempunyai masa depan seperti anak normal lainnya.(*)

 

Penulis : Atas Sultan Joe Satriani

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Ahmad Dahlan