Meningkatkan Kemampuan Belajar Bahasa Inggris Lewat Membaca Subtitle Pada Film

Jumat, 22 Juli 2022 - 18:24:44


Deristiani Humaira Selmi
Deristiani Humaira Selmi /

Dewasa ini, mempunyai kemampuan bahasa Inggris sangatlah penting, Hal ini terlihat pada penggunaan bahasa Inggris yang saat ini sudah menjadi bahasa resmi di 53 negara yang ada di dunia.

Dalam pendidikan, banyak tingkatan sekolah yang sudah menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dan bahasa sehari-hari disekolah.

Namun beberapa kalangan merasa bahwa mempelajari bahasa Inggris merupakan suatu hal yang sulit dan membosankan.

Padahal mempelajari Bahasa Inggris dapat dilakukan dengan mudah melalui berbagai cara dan metode menarik dalam pembelajaran.

Apa yang ada didalam pikiran Anda jika mendengar kata Belajar Bahasa Inggris? Mungkin Anda akan langsung berpikir sebuah aktivitas yang tidak akan jauh dari buku, membaca, menghafal kosakata, dan sebagainya.

Sehingga tidak jarang Anda berasumsi bahwa belajar merupakan kegiatan yang membosankan atau tidak menarik sama sekali.

Namun perkembangan zaman memudahkan kita semua dalam melakukan segala sesuatu, khususnya dalam mempelajari Bahasa Inggris.

Pada era modern ini menonton film menjadi salah satu media audio visual yang banyak digemari.

Oleh karena itu menonton film dapat menjadikan media untuk menyampaikan pembelajaran secara mudah dan praktis.

Banyak kalangan yang menggunakan film sebagai sarana pembelajaran Bahasa Inggris. Jika Anda ingin mempelajari Bahasa Inggris.

Mulailah dengan mengganti dan mulai membaca subtitle dalam bahasa inggris pada film berbahasa inggris yang sedang Anda tonton.

Mengapa begitu, kan saya jadi tidak mengerti alur cerita Dari film tersebut? Bagi sebagian kalangan Hal ini memanglah bukan Hal yang mudah, namun metode ini membantu Anda dalam memperkenalkan diri dengan kosakata dalam Bahasa Inggris.

Anda juga bisa memulai dengan membaca tulisan pada substitle sesuai dengan ejaan kata pemain film yang Anda dengarkan.

Setelah dirasa familier dengan kata-kata tersebut, Anda bisa mulai mencatat kosakata yang tidak Anda ketahui maknanya dan mencari tau arti dari kata tersebut.

Ingat, konsisten adalah kunci. Sama seperti bahasa lainnya, Bahasa Inggris juga memiliki kosa kata yang sulit untuk di mengerti dan diucapkan, Anda bisa menggunakan metode membaca dan mendengar ini secara konsisten untuk memperkaya perpustakaan Bahasa anda dalam bahasa inggris.

Dengan mendengarkan Audio membantu Anda mengenal dan melatih dalam pengucapan Kosakata pada bahasa Inggris.

Melalui film memberikan bahasa yang otentik dan bervariasi dan menampilkan sumber bahasa yang otentik dan bervariasi dan hal ini akan memperkaya kosakata bahasa Inggris.

Film memberikan peserta didik Hingham kalangan lainnya contoh berbahasa inggris yang digunakan dalam situasi nyata diluar kelas, terutama bahasa interaktif – bahasa percakapan di kehidupan nyata. Ini dapat memudahkan kita memaknai kosakata dengan membaca subtitle pada film.

Maka dari itu jika Anda tidak tinggal di lingkungan berbahasa inggris, metode membaca dan menonton pada film adalah Salah satu cara yang dapat memberikan masukan bahasa kehidupan nyata pada peserta didik.

Namun tidak semua film dapat digunakan untuk materi pembelajaran, untuk itu pentingnya Anda memilih film mana yang baik untuk dijadikan materi pembelajaran atau tidak layak untuk dijadikan materi pembelajaran.(*)

 

Penulis : Deristiani Humaira Selmi Mahasiswa UAD Yogyakarta