Kemampuan Bahasa Inggris dengan Era Digital

Jumat, 22 Juli 2022 - 20:18:13


Tri Lintang Suryani
Tri Lintang Suryani /

Saat ini kita sudah memasuki era digital, era ini sendiri yang ditandai dengan semuanya yang serba otomatis dan bisa menggunakan mesin sehingga kegiatan kita sekarang sudah menggunakan teknologi yang canggih.

Pengertian umum era digital adalah suatu era atau zaman yang sudah mengalami kondisi perkembangan kemajuan dalam ranah kehidupan ke arah yang serba digital.

Era digital sendiri merupakan sebuah bentuk kemajuan zaman yang tidak bisa dihentikan oleh manusia.

Alasannya karena kita sendirilah yang meminta berbagai hal menjadi lebih efisien dan praktis dalam kehidupan.

Sehingga hal ini membuat kemajuan terus terjadi akibat banyaknya manusia yang terus berinovasi dan berkreasi.

Kemajuan di era digital ini tentu memberikan dampak negatif serta positif bagi berbagai sektor tak terlupakan sektor pendidikan.

Kita tau sendiri bahwa anak didik sekarang sudah mulai diikutkan dalam kemajuan era digital; hal ini ditandai dengan pergeseran buku yang berbasis hardcover sekarang menjadi berbasis softcover, pengumpulan tugas yang dilakukan melalui Google Classroom, Whatsapp, dsb.

Apakah kemampuan bahasa Inggris penting di era digital ini?

Kemampuan bahasa Inggris yang baik dan benar merupakan suatu hal yang penting di era digital saat ini.

Seperti yang kita tau bahwa bahasa Inggris menjadi pelajaran pokok sekolah-sekolah di berbagai negara termasuk Indonesia.

Meskipun bahasa Inggris bukanlah bahasa ibu kita, namun kita harus mempelajari bahasa Inggris untuk dijadikan skill kita.

Bahasa Inggris sendiri digunakan bukan hanya untuk bertutur sapa, melainkan juga untuk aktivitas sehari-sehari.

Bukan hanya anak sekolah saja yang sekarang mulai menggunakan bahasa Inggris, karena para pekerja pun juga mulai dilatih untuk menggunakan bahasa Inggris sebagai daily language mereka.

Kebanyakan masyarakat masih berpikir bahwa bahasa Inggris hanya perlu disaat mereka akan berpergian ke luar negeri ataupun menempuh pendidikan di luar negeri, padahal itu tidak berlaku untuk sekarang.

Era digital benar-benar menjadikan dunia seperti tidak memiliki batasan antara jarak dan waktu yang seolah terus tersambung karena adanya internet.

Saat ini banyak sekali informasi yang diberikan dalam bahasa Inggris sehingga kemampuan menguasai salah satu bahasa Internasional ini sekarang begitu penting untuk dimiliki.

Dengan diri memiliki kualifikasi kemampuan bahasa Inggris,bahasa Inggris yaitu salah satu bahasa yang diakui untuk digunakan secara internasional tentu dapat membuka kesempatan lebar masa depan kita.

Bisa dibilang bahwa bahasa Inggris adalah paspor untuk bersaing di dunia internasional. Paspor itu sendiri adalah sertifikat internasional yang diakui oleh seluruh dunia.

Hal ini tentu sangat penting karena kita dapat terus mengikuti perkembangan era digital yang semakin pesat.

Tak hanya itu saja, terdapat segudang manfaat yang bisa dirasakan ketika menguasai bahasa Inggris.

Menguasai bahasa Inggris tentunya juga berarti memiliki keterampilan berbahasa Inggris seperti speaking, listening dan reading.

Kemampuan Speaking sendiri adalah kemampuan kita untuk berbicara dalam bahasa Inggris baik dalam situasi non-formal (sehari-hari) dan juga situasi formal.

Untuk kemampuan listening sendiri sangat penting mengingat ketika kita berbicara tentu kita harus bisa menangkap maksud pembicaraan orang tersebut, hal ini juga mengharuskan kita untuk memahami logat-logat atau pronounce seseorang dalam bahasa Inggris.

Terakhir adalah kemampuan membaca yang tidak kalah penting karena ketika kita bekerja di perusahaan besar, kita perlu membaca dan memahami dokumen kerja yang perlu untuk dipahami dan diteliti lebih lanjut.

Sangat penting juga untuk memperkaya kosakata bahasa Inggris juga. Intinya adalah jangan pernah berhenti belajar.
Setiap orang pasti mau untuk mencoba dunia baru dan memiliki koneksi yang luas.

Tentu kita juga harus memiliki kemampuan atau keahlian untuk mendukung hal tersebut, salah satunya adalah bahasa Inggris.

Di era digital yang serba maju ini, semua kesempatan bisa kita capai, namun kita harus memahami juga bagaimana kita bisa mengikuti perkembangan era ini.

Bahasa Inggris merupakan salah satu kunci bahasa yang sangat penting di era digital ini karena mampu menjadi pembuka kesempatan kita ke berbagai belahan dunia, ditambah bahasa Inggris sendiri merupakan bahasa yang diakui secara internasional dan bisa digunakan di mana saja.

Jadi, ayo jangan malas untuk belajar bahasa Inggris untuk kesempatan yang lebih luas menjelajahi dunia!. (*)

 

 

Penulis : Tri Lintang Suryani, Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.