Pj Bupati Bachyuni Deliansyah Laounching Program Bapak Asuh Anak Stunting

Selasa, 03 Januari 2023 - 12:54:55


/

Radarjambi.co.id-MUAROJAMBI-Pj Bupati Muarojambi Bachyuni Deliansyah melaounching Program Bapak Asuh Anak Stunting.

Sebagaimana diketahui Muarojambi salah satu Kabupaten prioritas percepatan penurunan stunting.

Berdasarkan data survei muarojambi tercatat memiliki angka profile yang stunting sebesar 27%. Di tahun 2021 pemerintah provinsi telah menerapkan penurunan angka stunting kabupaten Muaro Jambi sebesar 14% pada 2024

''Saya juga mengajak peran serta semua pihak baik masyarakat maupun lembaga untuk bergotong-royong dalam menangani pencegahan stunting di kabupaten Muaro Jambi yang kita cintai. Sehingga kita dapat berkontribusi secara optimal dalam mencapai target nasional penurunan stunting di angka 14% di tahun 2024,'' tutur Pj Bupati dalam sambutannya.

Pj Bupati menyampaikan secara bertahap intervensi penurunan stunting di kabupaten Muaro Jambi dapat dilaksanakan walaupun saat ini masih belum maksimal. Masih perlu upaya dan komitmen bersama secara terpadu dan berkelanjutan diantaranya dengan program bapak anak Asus stunting atau BAAS.

Dengan konsep program tersebut adalah para bapak ayah asu berperan sebagai donatur yang membantu target sasaran melalui dana rutin yang disumbangkan setiap bulan.

Dengan target sasaran yang berasal dari keluarga stunting keluarga beresiko stunting yakni calon pengantin ibu hamil dan anak-anak balita baduta maupun balita

''Dalam kesempatan ini saya mengajak stakeholder seluruh upd camat dan kepala Puskesmas dalam lingkup kabupaten Muaro Jambi bank dunia pimpinan dunia usaha dan agar dapat berpartisipasi menjadi bapak asuh anak stunting sesuai dengan data intervensi yang telah ditetapkan dengan mengeluarkan 450.000 setiap bulan selama 6 bulan sesuai petunjuk teknis,'' ujarnya.

Saat ini program bapak asu telah dilaksanakan dengan melibatkan kepala upd dunia usaha dan dan CSR di kabupaten Muaro Jambi sudah menjangkau kelompok sasaran sebanyak 900 keluarga stunting dengan rincian 178 dari OPD 722 dari dunia usaha

''Program bapak asu anak stunting ini merupakan komitmen saya selaku kepala daerah yang merupakan praktik baik best prestise prestise dalam percepatan penurunan stunting di provinsi Jambi dan dapat dijadikan contoh oleh kabupaten provinsi Jambi,'' tukas Pj Bupati. (akd)