Festival Literasi Batanghari Tahun 2023

Selasa, 31 Oktober 2023 - 21:37:26


Bupati Fadhil menyapa anak-anak
Bupati Fadhil menyapa anak-anak /

Radarjambi.co.id-BATANGHARI-Ribuan peserta didik dari seluruh sekolah tingkat TK, SD, SMP dan SMA di Kabupaten Batanghari ikut memeriahkan Festival Literasi Batanghari Tahun 2023.

Kegiatan ini merupakan kegiatan pertama yang dilaksanakan di Provinsi Jambi.Festival Literasi Batanghari Tahun 2023 merupakan salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Batanghari untuk meningkatkan literasi atau minat baca, dimana targetnya bukan hanya kepada peserta didik tetapi juga guru dan seluruh lapisan masyarakat.

Pada kegiatan Festival Literasi Batanghari Tahun 2023 ini, sebanyak 231 sekolah telah mengajak 11.145 guru dan peserta didik untuk berkarya bersama dan diterbitkan dalam buku antalogi masing-masing sekolah berupa karya cerpen dan puisi.

Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief mengungkapkan bahwa pihaknya menargetkan peningkatan literasi di Kabupaten Batang Hari. Ia mengatakan bahwa dengan peningkatan literasi artinya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di Kabupaten Batanghari.

"Bagaimana kedepan kita mencapai angka 80 atau 90 persen (capaian literasi). Karena generasi saat ini, adalah generasi yang akan memimpin masa depan. Bagaimana generasi ini kita ciptakan menjadi generasi yang lebih baik," ungkapnya.

Ia berharap apa yang menjadi niat baik Pemerintah Kabupaten Batanghari untuk meningkatkan literasi di Kabupaten Batanghari dapat berjalan dan dapat mencetak generasi-generasi yang bermanfaat khususnya untuk Kabupaten Batanghari.

Selanjutnya, Direktur Program Nyalanesia Khabib Bima mengungkapkan bahwa kegiatan Festival Literasi Batanghari Tahun 2023 ini merupakan kegiatan pertama yang dilaksanakan di Provinsi Jambi.

"Kami sampaikan bahwa Festival Literasi Batang Hari tahun 2023 merupakan festival pertama yang ada di Provinsi Jambi dengan peserta terbanyak," ujarnya.

Khabib mengatakan Nyalanesia dan Pemerintah Kabupaten Batanghari hadir untuk memberikan wadah bagi para peserta didik dan guru untuk menghasilkan karya-karya yang dapat dipublikasikan serta dinikmati banyak orang.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan Festival Literasi Batang Hari Tahun 2023 ini dapat meningkatkan kesadaran serta minat baca khususnya bagi peserta didik di Kabupaten Batanghari. (hmi/akd)