Gubernur Jambi Sebut Dua Perusahaan Batubara Akan Pakai Jalur Sungai

Senin, 12 Desember 2022 - 11:54:51


Gubernur Jambi Al Haris
Gubernur Jambi Al Haris /

RADARJAMBI.CO.ID-Gubernur Jambi Al Haris mengungkapkan sudah ada dua perusahaan angkutan batubara yang akan beralih dari jalur darat ke jalur Sungai Batanghari.

"Sudah ada dua perusahaan besar yang hari ini melalui sungai itu, tinggal pindah dari mobil ke tongkang itu saja masalahnya," katanya, Jumat (9/12/2022).

Namun dirinya tak menyebut secara spesifik perusahaan mana saja yang akan beralih ke jalur Sungai Batanghari ini.

Al Haris mendorong perusahaan-perusahaan lain untuk berpindah juga, karena dua perusahaan ini mampu berpindah ke jalur Sungai Batanghari kenapa yang lain tidak ikut bergabung.

"Kenapa dua perusahaan bisa, berarti bisa, tinggal antisipasi dan disiasati bahwa tadinya lewat jalur darat sekarang lewat jalur air," tambahnya.

Sementara itu disinggung bahwa pihak Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) VI meminta perlu kajian mendalam tentang penggunaan Sungai Batanghari sebagai jalur angkutan batubara. Al Haris mengambil keputusan sebagaimana yang telah ditetapkan.

Ia mengatakan bahwa sebagai Gubernur dirinya berhak menggunakan diskresi (kebebasan mengambil keputusan sendiri dalam setiap situasi yang dihadapi) terutama saat kondusi mendesak.

"Saya kira jika posisi mendesak saya selaku gubernur, dan juga wakil pemerintah pusat di daerah, saya perlu menggunakan diskresi gubernur itu boleh, ketika daerah mendesak perlu kepastian hukum namun tidak ada Undang-undang yang mengatur hari ini silakan saja lewat jalur sungai itu boleh," pungkasnya.(*)


Editor: Ansori