5 Ton Kopi Arabika Kerinci di Ekspor ke Amerika

Selasa, 05 Februari 2019 - 19:41:55


Ilustrasi
Ilustrasi /

Radarjambi.co.id - KERINCI - Kopi Arabika Kerinci semakin mendunia. Dimana saat ini permintaan kopi terus berdatangan dari berbagai negara, pasca mengantongi sertifikasi indikasi geografis atau hak paten.

Sekda Provinsi Jambi, M Dianto mengatakan saat ini permintaan kopi arabika Kerinci terus berdatangan dari luar negeri, ini menandakan bahwa bukan hanya kulit manis yang telah mendunia, tetapi kopi Kerinci sudah mulai diterima diluar negeri sana.

Dikatakannya lagi, bahwa beberapa waktu yang lalu, sekitar lebih kurang 5 Ton kopi arabika Kerinci di ekspor ke Amerika Serikat.

"Sektor Amerika sudah bisa menerima kopi arabika Kerinci disana, kita sudah mengirimkan kurang lebih 5 Ton kopi ke Amerika," katanya

Sekda berharap kedepan seluruh komponen masyarakat Kerinci baik yang berada di Kerinci maupun yang berada diluar daerah untuk bisa mendorong dan memberi dukungan pemikiran dari membantu mengembangkan kopi Kerinci di Indonesia maupun diluar negeri.

Menurutnya, pada bulan Oktober 2019 Pemerintah Provinsi Jambi akan menyelenggarakan Festival kopi Internasional di Kabupaten Kerinci.

"Pada rapat banggar bersama dengan anggota DPRD Provinsi Jambi menetapkan untuk Festival Kopi Internasional akan dilaksanakan di Kabupaten Kerinci," ungkapnya.

Pada acara festival kopi Internasional ini, nantinya para penikmat kopi akan diajak melihat kebun kopi yang ada di Kerinci. "Biar mereka melihat kebun kopi dan pengolahan kopi di Kerinci ini sudah baik, ini bisa menjadi keuntungan petani kopi di Kerinci," cetusnya.

"Kita juga minta dukungan dari tokoh masyarakat Kerinci yang berada diluar daerah untuk membantu jika ada event Nasional maupun internasional yang diselenggarakan di Kerinci," pungkasnya.

Bupati Kerinci Adirozal belum lama ini mengatakan masyarakat Kerinci patut bersyukur mempunyai kopi arabica Kerinci yang sudah mendunia ini.

"Kopi Arabica Kerinci ini ditanam pada ketinggian 1.500 meter dari permukaan laut dengan tanah vulkanik yang subur. Sehingga, membuat biji kopi Kerinci lebih padat dan mempunyai cita rasa tinggi," kata Adirozal.

Mantan Wakil Walikota Padang Panjang ini juga menyebutkan bahwa kopi kopi Kerinci telah terbukti bahwa pada Festival Kopi di Jakarta tahun 2017 lalu Kopi Kerinci dinobatkan sebagai kopi terbaik se Indonesia.

Bukan hanya tingkat Nasional, lanjut Adirozal, kopi kerinci juga menjadi wakil Indonesia di Festival Kopi Internasional tahun 2018 yang akan diadakan di Wina, Austria.

"Belum lama ini kopi Kerinci sudah mengantongi sertifikat indikasi geografis, yang membuat daerah dan perusahaan lain tidak bisa mengklaim Kopi Kerinci sebagai merek dagang mereka," pungkasnya.

 

 

Reporter : Soni

Editor     : Ansori