Perayaan Cap Go Meh Dihadiri Fasha

Rabu, 20 Februari 2019 - 20:58:20


Fasha Memberikan Keterangan Pers Usai Perayaan Cap Go Meh
Fasha Memberikan Keterangan Pers Usai Perayaan Cap Go Meh /

Radarjambi.co.id - KOTA JAMBI - Wali Kota Kota Jambi Syarif Fasha menghadiri perayaan Cap Go Meh atau prosesi Goan Siau bertempat di kelenteng "Hok Kheng Tong", Talang Jauh, Jelutung, Kota Jambi, Selasa Malam (19/2).

Perayaan Cap Go Meh diisi dengan doa bersama umat Tionghoa yang hadir, dilanjutkan dengan makan malam bersama dengan walikota serta diskusi dengan pemuka agama, pengurus kelenteng, ketua mattakin kelenteng, anggota DPRD provinsi Jambi, camat Jambi Timur, Kapolsek Jelutung, Kasat Intel, Kapolsek Jambi Timur, Lurah, Kapolreta Jambi serta tamu undangan lainnya.

Festival cap gomeh yang di selenggarakan setiap tahun oleh umat kong hucu dan gabungan dari seluruh kelenteng di Kota Jambi serta di adakan pawai menandu para dewa untuk berkeliling seputaran kelenteng tersebut.

Kegiatan ini setiap tahun di adakan, namum untuk tahun ini di buat sesederhana mungkin untuk menghindari hal - hal yang tidak di inginkan.

Syarif Fasha menyampaikan bahwa pemerintah Kota Jambi beserta aparat keamanan siap untuk mengamankan dan menjaga kelancaran kegiatan keagamaan.

"Pemerintah Kota Jambi beserta kepolisian, TNI akan siap untuk mengamankan ketertiban, dan menjaga kelancaran kegiatan kegiatan yang di lakukan para umat beragama di Kota Jambi ini," ujarnya.

Disampaikan Fasha bahwa pemkot Jambi untuk tahun ini pelaksanaan festival Cap Gomeh akan dianggarkan dan dilaksanakan setelah pilpres.

"Setiap tahun pemkot biasanya menganggarkan dan melaksanakan festival cap gomeh, namum tahun ini di undur dan akan di laksanakan setelah kegiatan Pilpres dan pilek baru akan di laksanakan kegiatan festival cap gomeh," ujarnya.

Syarif Fasha mengucapkan selamat imlek kepada warga tiong hoa yang ada di kota Jambi dan mendoakan semoga kedepannya membawa kebaikan. 

"Selamat hari raya imlek dan mudah - mudahan di tahun 2570 warga tiong hoa di beri kesehatan, kelancaran rezeki yang berlimpah dan di beri kebaikan serta hal - hal yang tidak baik di tahun 2569 tidak terulang di tahun 2570 ini," harapnya.

Darman wijaya selaku Ketua matakin menjelaskan pada kegiatan ini biasanya di laksanakan di lapangan kantor walikota.

"Namun untuk saat ini kita tunda dulu menjelang pilpres dan pileg selesai baru akan di laksnakan. Dana juga sudah di siapkan oleh pemkot untuk acara tersebut. Kedepan nya kita berharap negara ini senantiasa aman dan makmur, rakyat bisa hidup sejahterah, terutama untuk rakyat Jambi bisa hidup sejahterah, itulah do'a kita di tahun ini,"ujarnya.

 

 

Reporter : Musriah

Editor     : Ansori