Pemkot Bentuk Komda Lansia

Rabu, 20 Februari 2019 - 21:01:19


Maualana Melantik Komda Lansia Kota Jambi
Maualana Melantik Komda Lansia Kota Jambi /

Radarjambi.co.id - KOTA JAMBI - Pemerintah Kota Jambi tak pernah mengesampingkan kelompok warga lanjut usia (lansia). Untuk mendukung program-program yang memperhatikan lansia, puluhan anggota komisi daerah (Komda) Lansia Kota Jambi yang dikukuhkan oleh Komda lansia Provinsi Jambi, di ruang pola kantor walikota Jambi, Rabu (30/2).

Maulana mengatakan bahwa tujuan dibentuknya Komda Lansia ini sebagai bentuk keperdulian pemkot jambi terhadap lansia untuk memberikan jaminan pelayanan publik yang baik.

"Pembentukan Komda Lansia untuk memberikan jaminan kepada para lansia untuk mendapatkan pelayanan publik yang baik dan mendapatkan bantuan untuk tetap produktif dan mandiri,” terangnya.

Dikatakan Maulana bahwa anggota komda lansia terdiri dari OPD terkait yang memiliki peranan penting dalam rangka membangun Kota Jambi menuju Kota yang ramah lansia pada tahun 2020 dari berbagai macam aspek.

"Seperti pelayanan publik yakni semua kantor - kantor pemerintahan, puskesmas, pelayanan perizinan dan lain - lain yang harus memberikan jalur khusus untuk kelompok - kelompok lansia," ujarnya.

Maulana juga menjelaskan bahwa pemkot Jambi akan berupaya untuk memberikan pelayanan yang baik kepada lansia dengan memberikan bantuan bagi lansia yang membutuhkan.

“Kita ingin menjamin semua lansia mendapatkan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi yang tidak mampu akan di berikan jaminan melalui program kota Jambi bugar dan akan di biayai BPJS-nya, dan juga kepada kelompok lansia yang terlantar yang memang sudah tidak bisa melakukan apa - apa kita juga akan memberikan bantuan lansung melalui Kabag Kesra dan dinas sosial,”terangnya.

Maulana juga mengatakan bahwa berbagai macam Sarana dan prasarana pendukung untuk lansia seperti di depan kantor walikota terdapat zona untuk lansia.

Dan kemudian Pemkot juga akan menyiapkan taman kongkow dan nantinya akan di berikan fasilitas, dan juga dalam hal Pelayan publik seperti Puskesmas yang terdapat beberapa puskesman sudah mengembangkan pelayanan khusus kepada Lansia.

"Insyallah pada tahun ini semua puskesmas sudah menjadi ramah lansia, yang di mulai dari pelayanan nya tidak perlu pindah dan juga pada toiletnya yang akan di berikan pegangan untuk para lansia,. Itu adalah pelayanan publik yang sudah terintegrasi," terangnya.

 

 

Reporter : Musriah

Editor     : Ansori